Kisruh Jabatan Ketua Umum Kadin, Dua Kubu Gelar Pernyataan Sikap Siang Ini

Kisruh Jabatan Ketua Umum Kadin, Dua Kubu Gelar Pernyataan Sikap Siang Ini

Terkini | sindonews | Minggu, 15 September 2024 - 12:20
share

Musyawarah Nasional Luar Biasa (Musnalub) Kadin Indonesia tahun 2024 menetapkan Anindya Novyan Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia Periode 2024-2029 menggantikan Arsjad Rasjid. Atas hal tersebut, dua kubu Kadin pun akan menggelar pernyataan sikap siang ini, Minggu (15/9/2024).

Baca Juga :Dihadiri 21 Pengurus Provinsi, Munaslub Kadin 2024 Digelar Hari Ini

Dalam undangan yang diterima, pihak Anindya, rencananya akan menyelenggarakan Sarasehan bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Supratman Andi Agtas. Agenda tersebut juga dihadiri Formatur Munaslub Kadin 2024 yang terdiri dari Ketua Umum Terpilih sekaligus sebagai ketua formatur beserta anggota formatur.Adapun anggota formatur yang turut serta meliputi Erwin Aksa, Jaya Baya, M. Khadafie, dan Nita Yudi.

"Bersama ini kami Formatur Munaslub Kadin 2024 yg terdiri dari Ketua Umum terpilih sekaligus sebagai ketua formatur beserta anggota formatur akan mengadakan Sarasehan bersama Menkumham. Acara ini akan diselenggarakan sekitar pukul 14.00 WIB di Menara Kadin, Jakarta Selatan." Tulis undangan tersebut.

Sementara dari pihak Arsjad Rasjid juga bakal menyampaikan pernyataan sikapnya bersama perwakilan 21 Kadin Provinsi. Dalam undanganya, menyatakan bahwa Munaslub Kadin Indonesia yang diselenggarakan pada Sabtu (14/9/2024), mengabaikan syarat dan ketentuan dalam AD/ART maupun Peraturan Organisasi Kadin Indonesia. Dewan Pengurus Kadin Indonesia menegaskan bahwa Munaslub tersebut tidak sah.

Mayoritas Kadin Provinsi juga telah menyatakan penolakannya terhadap Munaslub tersebut yang juga bisa mengancam keharmonisan organisasi Kadin di seluruh Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah dalam membangun perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan.

"Sehubungan dengan itu, Dewan Pengurus Kadin Indonesia bersama sejumlah Ketua Umum Kadin Provinsi dan ALB akan memberikan pernyataan sikap, sekaligus mengundang rekan-rekan media untuk menghadiri acara Jumpa Pers "Pernyataan Sikap Kadin Indonesia". Tulis undangan tersebut.

Baca Juga : Gonjang-ganjing Kudeta Ketua Umum, Kadin Daerah Ramai-ramai Tolak Munaslub

Adapun pihak yang hadir meliputi Arsjad Rasjid, Yukki Nugrahawan Hanafi, Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum Dan Komunikasi Kadin Indonesia, Dhaniswara K. Harjono, Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM, dengan/atau Kuasa Hukum Kadin Indonesia, Wisnu W. Pettalolo, Wakil Ketua Umum Bidang Asosiasi dan Himpunan Kadin Indonesia, Perwakilan Anggota Luar Biasa Kadin Indonesia, dan 21 Ketua Umum Kadin Provinsi.

Topik Menarik