Polda Sultra Selidiki Dugaan Korupsi Proyek Gerbang Wisata Kendari-Toronipa

Polda Sultra Selidiki Dugaan Korupsi Proyek Gerbang Wisata Kendari-Toronipa

Terkini | inews | Senin, 16 September 2024 - 13:56
share

KENDARI, iNews.id - Polisi bergerak cepat merespons isu viral mengenai gerbang wisata Kendari-Toronipa yang belum lama diresmikan sudah banyak kerusakan. Proyek berbanderol Rp32,8 miliar ini diduga menjadi objek korupsi.

Direktur Reskrimsus Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) Kombes Pol Bambang Wijanarko mengungkapkan, penyidik Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Sultra telah mulai mengumpulkan data terkait proyek tersebut sejak Kamis (12/9/2024).

“Kami telah mengeluarkan surat perintah tugas dan surat perintah penyelidikan guna memulai penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi dalam proses pembangunan gerbang wisata Kendari. Penyelidikan ini masih dalam tahap awal dan minggu depan kami akan mulai mengirimkan surat undangan klarifikasi kepada pihak-pihak terkait,” ujar Bambang Wijanarko, Senin (16/9/2024) 

Bambang menegaskan, dalam kasus ini belum ada pemeriksaan resmi yang dilakukan.

"Jadi sejauh ini belum ada pihak yang diperiksa,” katanya. 

Menurutnya dalam penanganan kasus dugaan korupsi ini, Polda Sultra berkoordinasi dengan Inspektorat Provinsi Sultra untuk mengaudit investigasi proyek tersebut. 

“Koordinasi dengan Inspektorat sangat penting untuk mengetahui ada atau tidaknya kerugian negara dalam proyek pembangunan gerbang wisata Kendari ini,” ucapnya.

Diketahui, kasus ini menjadi sorotan publik setelah proyek gerbang Kendari-Toronipa yang diharapkan menjadi ikon baru Kota Kendari mengalami sejumlah kendala dan memicu dugaan penyimpangan dalam proses pembangunannya.

Topik Menarik