Kaltim Sukses Selenggarakan MTQ Ke-30, Pecahkan Rekor MURI dan Sabet Juara Umum

Kaltim Sukses Selenggarakan MTQ Ke-30, Pecahkan Rekor MURI dan Sabet Juara Umum

Terkini | inews | Senin, 16 September 2024 - 18:51
share

KALIMANTAN TIMUR, iNews.id - Piala bergilir Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-30 akhirnya menjadi milik kafilah Kalimantan Timur (Kaltim) setelah memutuskan sebagai juara umum, Minggu (15/9/2024).

Trofi juara diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy kepada Pj Gubernur Akmal Malik pada Minggu malam di GOR Kadrie Oening, Samarinda.

Momentum ini pun menjadi sejarah bagi Kaltim karena pertama kalinya mereka berhasil menyabet juara umum sejak 56 tahun MTQ Nasional digelar. Kafilah Kaltim pada MTQ Nasional ke-30 berhasil mendapatkan 42 juara dari berbagai peringkat di beberapa cabang lomba dengan jumlah poin 579.

Pj Gubernur Akmal Malik merasa bersyukur dan bangga dengan prestasi yang telah dicapai para kafilah yang berkompetisi. Dia menyebut, proses pembinaan dan pelatihan selama sembilan bulan tidak membohongi hasil yang kini telah dicapai.

Selain menyabet juara umum MTQ, Kaltim juga mendapatkan penghargaan rekor MURI untuk konfigurasi logo terbesar dan susunan drone dalam acara penutupan MTQ. Sebanyak 500 drone diterbangkan membentuk berbagai macam konfigurasi logo, menjadi pertunjukkan yang dinanti masyarakat Kaltim. Selama 20 menit, ribuan pasang mata dan lensa kamera tak lepas menyoroti keindahan cahaya drone yang menari di atas langit.

Topik Menarik