10 Oleh-oleh Khas Banjarnegara dan Sekitarnya, Buah hingga Camilan

10 Oleh-oleh Khas Banjarnegara dan Sekitarnya, Buah hingga Camilan

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 04:53
share

BANJARNEGARA, iNews.id - Banjarnegara merupakan kabupaten di Jawa Tengah (Jateng). Ada 10 oleh-oleh khas Banjarnegara dengan cita rasa unik dan nikmat yang wajib dicoba.

Setiap oleh-oleh menawarkan kelezatan tersendiri yang membuatnya istimewa dan tidak boleh dilewatkan untuk dinikmati bersama keluarga dan teman.

Banjarnegara, selain memiliki kuliner yang khas juga memiliki keindahan alam memikat salah satu yang terkenal, yaitu Dieng Plateau. Banjarnegara juga memiliki budaya, sejarah dan tradisi unik.

Saat berkunjung ke Banjarnegara dapat membawa pulang oleh-oleh khas daerah tersebut untuk orang-orang tercinta.

Simak10 oleh-oleh khas Banjarnegara.

1. Buah Salak

Menurut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjarnegara, Desa Kalilunjar dikenal sebagai penghasil salak pondoh khas Banjarnegara. Hampir setiap rumah di desa ini memiliki lahan yang ditanami salak pondoh. 

Salak pondoh Banjarnegara terkenal dengan rasa manisnya, daging buah yang tebal dan berlapis serta memiliki cita rasa khas yang membuatnya menjadi oleh-oleh favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banjarnegara. 

Salak pondoh mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin C, karbohidrat, protein dan air.

2. Kopi Biji Salak

Selain buahnya yang dikonsumsi, biji salak pondoh ini dapat dijadikan berbagai olahan yaitu kopi biji salak. Selain unik kopi biji salak juga memiliki manfaat dan kandungan yang baik seperti protein, lemak, karbohidrat dan serat selulosa.

Bahan utamanya berasal dari biji salak yang dihaluskan hingga menjadi seperti bubuk kopi. Selain keunikannya, rasa kopi ini sangat lezat dan memiliki keistimewaan atau khas tersendiri dibandingkan dengan kopi lainnya.

3. Keripik Salak

Olahan dari buah salak pondoh selanjutnya yaitu Keripik salak. Sama seperti keripik pada umumnya, tetapi bahan utamanya merupakan buah salak. 

Buah yang akan diproses menjadi keripik dipilih berdasarkan tingkat kematangan sekitar 70 persen. 

Sumber bahan baku untuk keripik buah ini berasal dari petani di Kabupaten Banjarnegara dan daerah sekitarnya. Memiliki rasa yang manis dan unik dengan daging yang tebal dan berlapis.

4. Sirup Salak

Sirup salak merupakan salah satu produk oleh-oleh unggulan dari Banjarnegara yang memiliki cita rasa khas. Dibuat dari salak berkualitas tinggi yang diambil dari kebun-kebun tradisional di Banjarnegara, sirop ini mencerminkan kekayaan alam serta keahlian para penduduk lokal.

Memiliki rasa manis dan segar dibuat menggunakan metode tradisional, produk lokal yang mencerminkan komitmen masyarakat Banjarnegara dalam menjaga dan melestarikan warisan kuliner mereka.

5. Jenang Salak

Jenang salak merupakan makanan tradisional khas Banjarnegara yang banyak menjadi favorit untuk dijadikan oleh-oleh. Jenang salak memiliki rasa manis alami dari salak dan aroma rempah rempah yang khas.

Jenang salak merupakan hidangan yang cocok dinikmati sebagai camilan atau pencuci mulut setelah makan.

6. Combro Kalipalet

Combro Kalipalet merupakan camilan khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Banjarnegara. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan merupakan resep tradisional yang telah diwariskan turun-temurun.

Combro Kalipalet memiliki rasa yang sedap dan gurih, dengan kulit luar yang renyah dan kecoklatan. Isian bumbu rempah khas Banjarnegara menghasilkan rasa gurih yang autentik, menjadikannya camilan yang nikmat.

7. Carica

Carica merupakan jenis buah yang tumbuh di dataran tinggi yang biasanya dapat ditemukan di dataran tinggi dieng dan termasuk jenis pepaya. Memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pepaya.

Rasanya yang manis dan segar, membuatnya mudah ditemukan di pasar tradisional, supermarket,  tempat wisata dan pusat oleh-oleh di sekitar Banjarnegara.

8. Keripik Klatak

Klathak merupakan camilan dari Banjarnegara yang menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Rasa keripik klathak yaitu  asin, manis, pedas dan gurih.

Camilan klatak cocok untuk dinikmati baik saat bersantai. Bahkan, klathak juga disajikan selama perayaan Lebaran, sebagai pelengkap kue-kue Lebaran yang biasanya memiliki rasa manis.

9. Purwaceng

Salah satu oleh-oleh khas Banjarnegara ini memiliki manfaat bagi kesehatan dan  merupakan tanaman herbal alami yang tumbuh di pegunungan Banjarnegara. Memiliki cita rasa sedikit pedas dari akar dan bijinya.

Akarnya diolah menjadi bubuk yang digunakan untuk membuat minuman herbal, selain itu juga dapat dibuat seperti bubuk kopi purwaceng dan bubuk susu purwaceng.

10. Batik Tulis Gumelem

Selain makan dan minuman yang dijadikan oleh oleh, Batik Tulis Gumelem juga dapat dijadikan oleh oleh khas Banjarnegara. 

Memiliki keunikan yaitu motif khas berupa udan liris dan rujak senthe dan corak warna sogan (cokelat), hitam dan kuning.

Itu dia 10 oleh-oleh khas Banjarnegara yang dapat dijadikan oleh- oleh ketika berkunjung ke Banjarnegara.

Topik Menarik