Harganya Mirip-Mirip, Chery Tiggo 8 Bakal Kanibalisasi Pasar Tiggo 7 Pro dan Omoda 5?

Harganya Mirip-Mirip, Chery Tiggo 8 Bakal Kanibalisasi Pasar Tiggo 7 Pro dan Omoda 5?

Terkini | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 17:10
share

JAKARTA - PT Chery Sales Indonesia (CSI) telah meluncurkan Tiggo 8 sebagai lini model SUV 7 penumpang baru mereka. Namun, Chery belum mengumumkan harga resmi Tiggo 8. Tiggo 8 diperkirakan dibanderol Rp430-450 juta. Dengan dibanderol Rp400 jutaan, apakah Tiggo 8 bakal mengganggu penjualan Tiggo 7 Pro dan Omoda 5?

Diketahui, Tiggo 7 Pro dan Omoda 5 dijual dengan harga mulai dari Rp300 jutaan sampai Rp400 jutaan. Itu merupakan SUV 5 penumpang yang telah mengaspal beberapa tahun lebih awal di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Head of Marketing PT Chery Sales Indonesia, Mohammad Ilham Pratama mengatakan, posisi dari Tiggo 8 cukup strategis dan tidak bersinggungan dengan model lain di seluruh keluarga Chery.

"Apakah memakan antar saudara sendiri? Sebenarnya beda. Antara Omoda dan Tiggo mungkin harga di Tiggo 8 ini akan setara dengan Omoda, khususnya untuk RZ misalkan, atau yang GT. Sebenarnya, misalkan, karakteristiknya berbeda," kata Ilham di PIK 2, Banten, belum lama ini.

Sebagai informasi, Tiggo 7 Pro dan Omoda 5 merupakan SUV 5 penumpang sehingga segmennya berbeda dengan Tiggo 8. Karena itu, Ilham meyakini setiap model memiliki pasarnya tersendiri sehingga tidak akan mengganggu penjualan satu sama lain.

"Kalau misalkan Tiggo, kita memang menghadirkan yang 7-seater dan memang untuk family. Tapi kalau untuk yang Omoda mereka yang lebih dinamis dan aktif, seperti itu. Memang ada karakteristik konsumen yang berbeda," ujarnya.

 

Secara spesifikasi, antara Tiggo 8, Tiggo 8 Pro, dan Tiggo 7 Pro, hampir sama hanya berbeda di kapasitas mesin. Namun, Ilham menyebut, ini akan membuat konsumen memiliki banyak pilihan untuk kebutuhan mobilitasnya.

"Nah, kalau misalnya Tiggo 8 dan 8 Pro apakah memakan? Tiggo 8 Pro ya memang itu untuk yang lebih mature konsumennya. Kalau untuk Tiggo 8 sendiri, (ditujukan) untuk mereka yang ingin mencoba SUV atau misalnya 'Saya hanya punya budget Rp 400 juta, saya pengen SUV 7-seater.' Ada kita tawarkan di Tiggo 8," ujarnya. 
 

Topik Menarik