Lafadz Doa Iftitah Allahumma Baid Lengkap dengan Terjemahan Indonesia

Lafadz Doa Iftitah Allahumma Baid Lengkap dengan Terjemahan Indonesia

Terkini | okezone | Kamis, 19 September 2024 - 10:26
share

LAFADZ doa iftitah Allahumma Baid lengkap dengan terjemahan Indonesia bisa disimak di dalam artikel berikut ini. Doa iftitah merupakan doa yang dibaca saat menjalankan ibadah sholat. Doa ini dibaca antara takbiratul ihram dan ta'awudz sebelum membaca Surat Al Fatihah.

Disitat dari laman Muslim.or.id , Ustadz Yulian Purnama menjelaskan ada macam-macam jenis doa iftitah yang dibaca Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam dan para sahabat. Hal ini berdasarkan riwayat-riwayat yang sahih.

Salah satunya adalah doa iftitah lafadz Allahumma Baid . Berikut ini penjelasannya, berdasarkan penelitian Syekh Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah terhadap dalil-dalil doa iftitah, seperti tercantum dalam kitab beliau "Sifatu Shalatin Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam":

Doa Iftitah

Arab latin: Allaahumma baa'id bainii wa baina khothooyaaya kamaa baa'adta bainal masyriqi wal maghrib. Allaahumma naqqinii min khothooyaaya kamaa yunaqqots-tsaubul abyadhu minad-danas. Allaahummaghsilnii min khothooyaaya bil maa-i wats-tsalji wal barod .

Artinya: "Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin." (HR Bukhari 2/182, Muslim 2/98)

Doa ini biasa dibaca Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam dalam sholat fardhu. Ini adalah doa yang paling shahih di antara doa iftitah lainnya, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Baari (2/183).

Topik Menarik