Target IPO 2024 Sulit Tercapai, Ini Alasannya

Target IPO 2024 Sulit Tercapai, Ini Alasannya

Terkini | okezone | Kamis, 19 September 2024 - 11:17
share

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) dinilai sulit mencapai target penambahan emiten baru atau IPO pada tahun ini. Tahun ini BEI mematok emiten baru yang listing sebanyak 75 perusahaan.

“Dari target penambahan sekitar 75 emiten baru pada tahun ini, diperkirakan baru terpenuhi separuhnya. Padahal sisa waktu tahun ini hanya 3 bulan lagi,“ kata Pengamat Pasar Modal Ali Yusni Sahri, Kamis (19/9/2024).

Dia menambahkan seharusnya bursa lebih peka dengan kondisi perubahan geopolitik dan kebutuhan pemerintahan baru.

“Kita akan memasuki era uncertain situation yang pasti memiliki dampak atas perekonomian nasional dan pemerintahan baru nanti tentu akan membutuhkan pertumbuhan ekonomi dan penambahan pajak sebagai sumber pemasukan negara. Padahal pasar saham sejatinya menjadi salah satu solusi menjawab tantangan tersebut,” ujar Ali.

Dia mengatakan pasar saham merupakan sarana alternatif pendanaan bagi perusahaan untuk scale up bisnisnya. Dan hal ini akan membuat operasional perusahaan yang melantai mencapai skala yang lebih luas.

“Dan akhirnya pendapatan perusahaan akan meningkat dan secara otomatis meningkatkan pembayaran pajak dan turut berkontribusi pada kemakmuran masyarakat,” bebernya.

Lebih lanjut ia mengatakan dirinya mendukung perbaikan yang dilakukan pihak Bursa Efek Indonesia terkait temuan gratifikasi. “Namun jangan sampai hal ini membuat target IPO yang sudah masuk pipeline menjadi terhambat.”

Topik Menarik