Muncul Varian Baru Covid-19 XEC, Yuk Kenali Gejalanya

Muncul Varian Baru Covid-19 XEC, Yuk Kenali Gejalanya

Terkini | okezone | Sabtu, 21 September 2024 - 10:00
share

VARIAN Covid baru yang disebut XEC telah mulai menyebar di Inggris. Varian ini pertama kali dilaporkan di Jerman pada Juni dan diketahui berasal dari varian Omicron. Sejak itu, XEC telah menyebar ke berbagai negara di Eropa, dan kasus juga mulai muncul di AS dan Asia.

Dokter Louise Herron, wakil direktur Kesehatan Masyarakat di Badan Kesehatan Masyarakat (PHA), menegaskan bahwa hingga saat ini varian XEC belum terdeteksi di Irlandia Utara.

Data terbaru yang dipublikasikan dalam Buletin Epidemiologi Covid-19 untuk Irlandia Utara menunjukkan bahwa tidak ada varian yang terdeteksi, tuturnya.

Varian ini telah teridentifikasi di setidaknya 11 negara Eropa, setelah pertama kali ditemukan di Berlin. Menurut Prof. Francois Balloux dari Institut Genetika UCL, meskipun diperkirakan kasus akan meningkat, XEC tidak diperkirakan akan memicu lonjakan signifikan atau gelombang baru.

Kenali Gejala XEC

Melansir dari belfasttelegraph, Sabtu (21/09/2024), gejala yang ditimbulkan oleh varian ini mirip dengan gejala flu dan varian Covid-19 sebelumnya. NHS mencatat beberapa gejala, termasuk:

Suhu tinggi

Menggigil

Batuk baru yang terus-menerus

Kelelahan

Kehilangan nafsu makan

Kebanyakan kasus XEC menunjukkan pemulihan cepat, namun ada kemungkinan beberapa individu mengalami gejala lebih serius.

Langkah Pencegahan

PHA mendorong masyarakat untuk tetap waspada dan mengambil langkah pencegahan guna mengurangi risiko penularan.

Topik Menarik