Bayi Baru Lahir, Bacakan Doa Ini agar Jadi Anak Salih Salihah

Bayi Baru Lahir, Bacakan Doa Ini agar Jadi Anak Salih Salihah

Terkini | okezone | Sabtu, 21 September 2024 - 15:04
share

BAYI baru lahir, bacakan doa berikut ini agar menjadi anak yang salih dan salihah. Dalam ajaran agama Islam, setiap Muslim diajarkan memanjatkan doa-doa penuh kebaikan untuk bayi yang baru lahir. 

Tujuannya untuk mendoakan si bayi supaya meraih keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala dan menjadi anak salih/salihah.

Dilansir Rumaysho.com, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menjelaskan bahwa berdasarkan riwayat dari Imam Ath-Thobroni dalam kitab Ad-Du'a' dari jalur Al Yasri bin Yahya, ia berkata bahwa ketika seseorang dikarunai seorang anak, Al Hasan Al Bashri mendoakannya dengan doa:

جَعَلَهُ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَعَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

Arab latin: Ja'alahullahu mubaarokan 'alaika wa 'ala ummati Muhammadin.

Artinya: "Semoga Allah memberinya keberkahan untukmu dan untuk umat Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam."

Sementara Ustadz Ammi Nur Baits ST BA, seperti dihimpun dari Konsultasisyariah.com, menjelaskan bahwa semua Muslim dianjurkan mendoakan anak yang baru lahir, di antaranya dengan doa:

1. Memohon keberkahan untuk si anak

Hal ini berdasarkan riwayat dari Abu Musa radliallahu ‘anhu. Beliau mengatakan:

وُلِدَ لِي غُلاَمٌ، فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ، فَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ، وَدَعَا لَهُ بِالْبَرَكَةِ، وَدَفَعَهُ إِلَيَّ

Artinya: "Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim, dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku." (HR Bukhari nomor 5467 dan Muslim: 2145)

Hal yang sama juga dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam kepada putra Asma bintu Abu Bakr yang bernama Abdullah bin Zubair. Sesampainya Asma hijrah di Madinah, beliau melahirkan putranya Abdullah bin Zubair. Bayi ini pun dibawa ke hadapan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam. Asma mengatakan:

ثُمَّ دَعَا بِتَمْرَةٍ فَمَضَغَهَا، ثُمَّ تَفَلَ فِي فِيهِ، فَكَانَ أَوَّلَ شَيْءٍ دَخَلَ جَوْفَهُ رِيقُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ دَعَا لَهُ، وَبَرَّكَ عَلَيْهِ

Artinya: "Kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam minta kurma, lalu beliau mengunyahnya dan meletakkannya di mulut si bayi. Makanan pertama yang masuk ke perut si bayi adalah ludah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam, kemudian beliau mendoakannya dan dan memohon keberkahan untuknya." (HR Bukhari nomor 3909) 

Topik Menarik