Dokter Tirta Sebut PWO Penting Sebelum Olahraga Lari, Apa Itu?

Dokter Tirta Sebut PWO Penting Sebelum Olahraga Lari, Apa Itu?

Terkini | okezone | Kamis, 26 September 2024 - 12:18
share

Influencer sekaligus berprofesi sebagai dokter, Tirta Mandira Hudhi, menjelaskan, sebelum melakukan olahraga lari diperlukan tahapan khusus yang disebut Pre-Workout Meal (PWO). Ini dilakukan untuk meregangkan otot dan memastikan detak jantung aman.

"Dari bangun tidur ke lari itu bukan dadakan ya, tetap ada PWO (Pre-Workout Meal), jadi pisang boleh, energy gel boleh, atau makanan-makanan dan minuman-minuman lain yang bisa menghasilkan energi, terus stretching dinamis, baru kita lari," kata Tirta di Jakarta.

Dia mencontohkan, dibutuhkan waktu sekira 30 menit untuk proses ini sebelum melakukan kegiatan lari.

"Jadi kalau kita mau lari jam 5, ya setengah lima sudah harus bangun. Kalau langsung lari rentan blackout karena cairan dalam tubuh kurang, kita belum sepenuhnya sadar. Ini rentan cedera, karena tubuh mengantuk," tuturnya.

Sebagai informasi, lari merupakan jenis olahraga kardio yang bertujuan untuk meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan, sehingga tubuh bisa mengalirkan oksigen lebih banyak. Sehingga perlu diperhatikan rata-rata detak jantung agar tidak melewati batas yang ditentukan.

"Kalau olahraga itu, apalagi di bidang olahraga kardio, entah itu lari atau cycling, itu harus memperhatikan detak jantung masing-masing. Setiap orang itu berbeda. Rumusnya itu 220 dikurangi usia, misal saya di usia 33 tahun, ya maksimal (heart rate) di 187, itu sudah di zona 5. Lebih dari itu rentan terkena serangan jantung," ungkap dr Tirta.

Topik Menarik