Hasil Ekshumasi Dokter Forensik: Afif Maulana Siswa SMP di Padang Tewas Akibat Jatuh dari Ketinggian

Hasil Ekshumasi Dokter Forensik: Afif Maulana Siswa SMP di Padang Tewas Akibat Jatuh dari Ketinggian

Terkini | inews | Kamis, 26 September 2024 - 13:19
share

PADANG, iNews.id - Tim dokter forensik menyimpulkan, Afif Maulana, siswa SMP yang ditemukan tewas di bawah jembatan Sungai Batang Kuranji, Kota Padang, akibat jatuh dari ketinggian. Kesimpulan ini disampaikan oleh Perhimpunan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia (PDFMI) dalam konferensi pers yang digelar di Mapolresta Padang pada Rabu (26/9/2024) sore.

Dalam konferensi pers tersebut, Ketua Tim Ekshumasi, Dr. Ade Firmansyah menjelaskan, hasil ekshumasi dan analisis menunjukkan Afif tewas akibat jatuh dari jembatan setinggi 14 meter. 

“Saat terjatuh, kepala Afif mendarat terlebih dahulu, menyebabkan dampak yang sangat parah,” ujar Dr. Ade. 

Dia menyampaikan, posisi luka serta mekanisme jatuh yang menyebabkan kepala terbentur dasar dapat menyebabkan cedera sumsum tulang belakang di daerah leher.

Cedera pada sumsum tulang belakang, kata dia dapat mengakibatkan korban tidak dapat bergerak dan menyebabkan cedera pada batang otak yang mengakibatkan kematian seketika. 

Dalam pemeriksaan, lanjut dia ditemukan luka pada lengan kiri, paha kiri, dada bawah bagian kiri, punggung dan kepala Afif Maulana.

Dalam konferensi pers ini dihadiri oleh orang tua Afif Maulana, LBH Padang dan seluruh unsur yang memantau perkembangan kasus kematian Afif Maulana. 

Dia menjelaskan, membutuhkan waktu yang panjang untuk melakukan berbagai analisis tentang penyebab kematian Afif Maulana. 

“Dari hasil ekshumasi, kami menyimpulkan bahwa penyebab kematian Afif Maulana murni akibat terjatuh dari jembatan,” katanya.

Topik Menarik