6 Ayat Alquran yang Bahas Lengkap Fenomena Gunung, Salah Satunya Meletus Pertanda Kiamat

6 Ayat Alquran yang Bahas Lengkap Fenomena Gunung, Salah Satunya Meletus Pertanda Kiamat

Terkini | okezone | Jum'at, 27 September 2024 - 06:27
share

ALQURAN sudah jauh lebih dulu membahas fenomena gunung . Allah Subhanahu wa Ta'ala menurunkan kitab suci Alquran sebagai petunjuk terhadap apa yang terjadi di alam semesta.

Ilmuwan sains pun telah membuktikan kebenaran isi Alquran jauh lebih dulu membeberkan tentang ilmu pengetahuan hingga peristiwa alam yang dirasakan makhluk hidup. Oleh karena itu, Alquran selalu menjadi rujukan terpercaya.

Berikut ini fenomena di gunung yang sudah lama diungkap dan dijelaskan dalam ayat-ayat suci Alquran, seperti telah Okezone himpun:

1. Gunung terkikis berubah jadi daratan

Dijelaskan pada "Buku Pintar Alquran dalam Sains, Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah" karya Dr Nadiah Thayyarah, peristiwa terkikisnya gunung hingga berubah menjadi daratan dikarenakan adanya erosi.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Artinya: "Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui." (Quran Surat Al Baqarah: 22)

Artinya: "Dan bumi itu telah Kami hamparkan, maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami)." (QS Az-Zariyat: 48)

Artinya: "Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan, supaya kamu menjalani jalan-jalan yang luas di bumi itu." (QS Nuh: 1920)

2. Gunung bias bergerak cepat seperti awan

Dilansir buku "Tafsir Ilmi Samudera dalam Perspektif Alquran dan Sains" yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), diungkapkan bahwa gunung terus bergerak cepat.

Pegerakan cepat gunung ini diibaratkan layaknya gerakan awan. Allah Azza wa Jalla menjelaskan hal ini melalui salah satu ayat Alquran:

Artinya: "Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Quran Surat An-Naml Ayat 88)

3. Gunung Meletus pertanda kiamat

Bahaya letusan gunung berapi dapat berupa awan panas, lontaran material (pijar), hujan abu lebat, lava, gas racun, tsunami, dan banjir lahar. Dijelaskan dalam buku "Sains Berbasis Alquran" karya Ridwan Abdullah Sani, pada hari kiamat yang sesungguhnya, keadaan akan lebih dahsyat.

Gunung berapi akan meletus secara serentak saat gunung-gunung di bumi meletus, kemudian muncul muntahan lahar yang sangat panas.

Peristiwa letusan gunung berapi sebagai tanda kiamat telah disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dijelaskan lahar akan berpencar ke penjuru bumi dan mengenai seluruh makhluk hidup.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Artinya: "Allah menggambarkan dahsyatnya hari kiamat melalui dua hal, yaitu keadaan manusia dan gunung-gunung. Pada hari kiamat itu manusia seperti laron yang beterbangan. Mereka berlarian tidak tentu arah, kacau balau, dan tidak lagi menghiraukan sekelilingnya. Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan." (QS Al Qari'ah: 45)

Topik Menarik