Jurus Ampuh SMA Sunan Giri Menganti, Cetak Lulusan Siap Kuliah dan Kerja

Jurus Ampuh SMA Sunan Giri Menganti, Cetak Lulusan Siap Kuliah dan Kerja

Terkini | gresik.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 22:20
share

MENGANTI, iNewsGresik. id- SMA Sunan Giri memberikan beragam pelatihan keterampilan bagi siswa-siswinya, yang setara dengan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

 pelatihan keterampilam yang diberikan di antaranya desain Grafis, , multi media, batik, tata boga, tata busana, dan tata kecantikan (Rias). 

Program untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berwirausaha atau bekerja mendapatkan sambutan antusias warga. 

Tiara, salah satu siswa menyampaikan bahwa keterampilan yang diperoleh melalui program ini sangat bermanfaat. 

"Saya berencana menggunakan keterampilan tersebut untuk berwirausaha dan berharap bisa membiayai kuliahnya sendiri," ujarmya, di sela mengikuti pelatihan, Minggu (13/10/2024). 

Hal senada disampaikan Cintya Rizki yang aktif mengikuti pelatihan desain grafis. Baginya, pelatihan ini adalah bekal yang sangat berharga, baik untuk masa kuliah maupun masa depan.

"Saya ingin memalsimalkan pelatihan ini sebagai bekal, saat melanjutkan kuliah," ungkapnya. 

Siti Muniro, Kepala sekolah SMA Sunan Giri mengatakan telah menerapkan program Double Track ini memasuki tahun kelima. 

"Program tersebut telah memberikan banyak manfaat bagi siswa, terutama dalam menyiapkan mereka dengan keterampilan praktis yang dapat digunakan di dunia kerja atau untuk berwirausaha setelah lulus, " ujarnya. 

Ia menyebut program ini sebagai jalur ganda (Double Track) yang menggabungkan pendidikan formal dengan pelatihan kewirausahaan. 

"Program ini bertujuan agar lulusan SMA Sunan Giri tidak hanya menguasai bidang akademis, tetapi juga memiliki keterampilan vokasional yang bisa dimanfaatkan setelah lulus, " ujarnya. 

Lebih jauh Siti Muniro menjelaskan, melalui program ini, lulusan SMA yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi bisa siap terjun ke dunia kerja dengan bekal keterampilan yang mereka peroleh. 

"Pelatihan tersebut, juga memanfaatkan kearifan lokal untuk membangun rasa percaya diri siswa dalam berwirausaha, " tegasnya.

Topik Menarik