Sosok Fauzan Mantan Rektor UMM Masuk Kabinet Merah Putih Jadi Wamendiktisaintek

Sosok Fauzan Mantan Rektor UMM Masuk Kabinet Merah Putih Jadi Wamendiktisaintek

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 09:29
share

MALANG, iNews.id - Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof Dr Fauzan masuk dalam Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Dia ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi (Wamendiktisaintek) 

Prof Fauzan merupakan Rektor UMM selama dua periode yang menjabat dari 2016-2024. Dia menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh dengan sederet inovasinya di bidang dunia pendidikan tinggi.

"Prof Dr Fauzan MPd, Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi," ujar Presiden Prabowo di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2024) malam.

Kepala Humas UMM M Isnaini mengungkapkan, Prof Fauzan sebagai sosok pemimpin yang sederhana dan selalu berjuang keras. Lahir sebagai anak desa membuatnya menjadi pejuang keras dengan segala kesederhanaan. Tak heran beragam prestasi berhasil diraihnya selama puluhan tahun mengabdi di UMM.

"Selama di UMM, Prof Fauzan selalu mendapat amanah pada posisi-posisi yang strategis. Mulai dari dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) selama dua periode yakni pada 2005 hingga 2012. Kemudian mengemban tugas sebagai Wakil Rektor II dan kemudian diangkat menjadi Rektor UMM selama dua periode sejak 2016 hingga 2024,” ujar Isnaini, Senin (21/10/2024) pagi.

Krisna menambahkan, keseharian Fauzan juga sangat sederhana dan tidak neko-neko. Meski begitu, ada saja gagasan dan ide brilian dari Fauzan yang selalu memiliki nilai kebaruan, utamanya dalam pengembangan dunia pendidikan.

Selain itu, Fauzan juga senantiasa mendorong para pakar dan profesor untuk bisa terjun langsung ke masyarakat. Fauzan juga disebut bisa membantu, mendampingi dan memaksimalkan potensi yang dimiliki masing-masing daerah.

"Salah satu inovasinya yang paling menarik dan berdampak adalah Center of Excellence (CoE) berbasis program studi. Sebuah program yang mampu mempercepat kelulusan mahasiswa dan memberikan skill yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri," katanya.

Bahkan para mahasiswa bebas memilih spesifikasi keahlian sesuai passionnya tanpa memandang jurusan yang dia tempuh. Uniknya, CoE juga melibatkan praktisi yang langsung mengajari berbagai skill yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri.

“Sivitas akademika UMM tentu sangat bangga atas kepercayaan yang akan diemban Prof Fauzan dari Bapak Presiden Prabowo Subianto. Semoga lancar hingga pelantikan esok dan kami tentu mendoakan beliau agar selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan amanah sebagai Wamendiktisainstek senantiasa dalam lindungan Allah SWT,” ucapnya.

Topik Menarik