Jenis Ikan yang Bisa Diolah Menjadi Susu, Ada Lele hingga Gabus 

Jenis Ikan yang Bisa Diolah Menjadi Susu, Ada Lele hingga Gabus 

Travel | inews | Selasa, 17 September 2024 - 20:36
share

JAKARTA, iNews.id - Susu ikan merupakan salah satu menu sehat yang memiliki manfaat luar biasa. Menu ini dicanangkan oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dalam program makan bergizi gratis.

Susu ikan tidak benar-benar dari susu yang dihasilkan oleh ikan. Melainkan terbuat dari sari atau ekstrak ikan. Lantas, jenis ikan apa saja yang bisa dijadikan sebagai susu ikan?

Ketua Komite Advokasi Percepatan Penurunan Stunting PB IDI sekaligus Guru Besar Gizi Klinik Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Agussalim Bukhari, menjelaskan tidak semua ikan bisa dijadikan sebagai susu ikan. Karena setiap ikan memiliki kandungan yang berbeda.

Tidak semua ikan persis sama kandungannya, kalau mau protein yang tinggi contohnya ikan gabus, ikan lele, tapi bukan berarti ikan lain tidak bisa diolah, ujar Prof Agussalim, dalam media briefing IDI, secara daring.

Apakah boleh pakai ikan lain selain gabus dan lele? Menurut Prof Agussalim boleh-boleh saja. Ikan apa saja kandungan proteinnya bagus omega 3-nya juga sangat bervariasi, paling tinggi salmon yang berada di laut dalam laut dingin, katanya.

Selain itu ada juga ikan teri yang kandungan omega 3-nya tinggi. "Tapi kalau mau memproduksi (susu ikan) untuk skala besar harus ditetapkan ikan apa yang paling bagus, ujarnya.

Topik Menarik