Masyarakat Adat Amanuban Dukung Kol Boe Ana, Salmun Tabun - Marthen Tualaka Bupati TTS 2024-2029

Masyarakat Adat Amanuban Dukung Kol Boe Ana, Salmun Tabun - Marthen Tualaka Bupati TTS 2024-2029

Terkini | ttu.inews.id | Minggu, 29 September 2024 - 13:40
share

SOE,iNewsTTU.id-Dalam musyawarah adat Amanuban di Sonaf Sonkolo Niki-Niki, Kabupaten Timor Tengah Selatan ( TTS), Sabtu (28/9/2024) juga disepakati bersama tentang makna persatuan dan persaudaraan dalam komunitas Adat Amanuban.

Ketua Perkumpulan Masyarakat Hukum Adat Amanuban, Usi Wemrids M. Nope mengatakan seluruh warga Amanuban harus memperkuat persatuan dan persaudaraan dimana seluruh komponen adat Amanuban dari Noemuti sampai Noemina adalah saudara sedarah dan jika ada saudara yang maju sebagai calon Bupati TTS maka wajib didukung.

"Kita harus memperkuat persatuan dan persaudaraan. Seluruh komponen adat Amanuban dari Noemuti sampai Noemina adalah saudara sedarah dan ada saudara kita yang maju sebagai calon Bupati TTS kita wajib mendukung. Ingat sudah 20 tahun kita Amanuban hanya jadi penonton," ujarnya.

Sebagai bentuk keseriusan dan dukungan, maka peserta musyawarah adat Amanuban sepakat dalam bentuk Deklarasi dukungan bagi Drs. Salmun Tabun dan Dr. Marthen Tualaka, sebagai Bupati dan wakil Bupati Timor Tengah Selatan 2024-2029.

Selain deklarasi dilakukan juga upacara "Tamepan hit bikase" yaitu natoni adat dalam bentuk ungkapan syair dan doa kepada Tuhan untuk bisa mengantar Putra Amanuban Drs.Salmun Tabun untuk bisa duduk sebagai Bupati TTS.

"Saya pribadi sangat berterima kasih atas dukungan dan doa ini, kami berkomitmen untuk memberikan ruang yang luas bagi Lembaga Adat dan masyarakat adat untuk berperan dalam pembangunan, Kami berkomitmen bukan saja untuk Amanuban tapi juga bagi Mollo dan Amanatun bagi TTS," ujar Salmun Tabun.

Sebagai penghormatan, maka masyarakat hukum Adat Amanuban juga memberikan penghormatan kepada Pimpinan Partai Nasdem TTS dan Pimpinan Partai Hanura, penghormatan ini sebagai tanda untuk dapat bersinergi dengan masyarakat adat Amanuban ke depannya.

Salmun Tabun-Marten Tualaka sendiri diusung oleh NasDem dan Hanura. Salmun merupakan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) TTS, sedangkan Marten merupakan eks anggota DPRD TTS dari Hanura.

Pada akhir acara, salah satu tokoh dan budayawan Lukas W. Bako memberikan satu puisi dalam bahwa Timor yang berjudul mari dukung Putra Amanuban, Mari dukung Kol Boe ana.

Sebelumnya Lukas. W Bako menjelaskan kepada warga yang hadir, bahwa Kol Boe ana adalah kuda pacuan yang sangat terkenal dari keluarga Tabun. penutupan acara inipun dilakukan dengan foto bersama.

Topik Menarik