Program TJSL, PLN UIP KLT Bina Kelompok Remaja Desa Bumi Jaya Kutai Timur

Program TJSL, PLN UIP KLT Bina Kelompok Remaja Desa Bumi Jaya Kutai Timur

Terkini | balikpapan.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 17:10
share

KUTAI TIMUR, iNewsBalikpapan.id - Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) atas operasional bisnis perusahaan, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) melalui Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 3 (UPP KLT 3) melaksanakan program pelatihan desain dan sablon untuk 10 Pemuda dan Pemudi di Desa Bumi Jaya, Kaubun, Kutai Timur. 

General Manager PLN UIP KLT Raja Muda Siregar menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan program TJSL tersebut selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 4 pada pilar pembangunan sosial untuk menjawab tantangan pada sektor pendidikan. Dimana melalui program TJSL ini akan meningkatkan angka partisipasi remaja dan dewasa dalam pendidikan dan pelatihan dengan keilmuan baru untuk masyarakat yang berada di Ring 1 lokasi pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Maloy - Talisayan.

“Selain menjawab tantangan untuk peningkatan partisipasi remaja dan dewasa untuk mendapatkan pendidikan berkualitas, program TJSL yang dilakukan tersebut juga memiliki tujuan lain dimana akan menumbuhkan potensi kewirausahaan, yang nantinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” jelas Raja.

 

Raja menambahkan, merupakan sebuah komitmen dari PLN bahwa tidak hanya fokus dalam rangka menjalankan bisnisnya yaitu pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk melayani kebutuhan listrik seluruh masyarakat dengan andal dan prima, tetapi PLN akan hadir dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dengan cara pengembangkan dan pembinaan masyarakat dan potensi daerah sekitar. 

“Melihat potensi yang dapat dikembangkan di Desa Bumi Jaya, pelatihan desain dan sablon menjadi keilmuan yang cukup relevan untuk dipelajari dengan kebutuhan lokal yang ada. Bisnis untuk menyediakan jasa desain dan juga pembuatan kaos sablon masih memiliki pasar dan masih terus dapat dikembangkan,” jelas Raja. 

Dengan kegiatan pelatihan ini akan meningkatkan kolaborasi antar masyarakat untuk akan memberikan opsi serta membuka peluang usaha yang dapat dilakukan dan dikelola bersama untuk memajukan Desa Bumi Jaya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong semangat kolaborasi di antara warga desa, sehingga mereka dapat saling mendukung dalam pengembangan usaha. Dengan tersedianya listrik yang andal dan prima serta kompetensi masyarakat yang terus berkembang, maka perekonomian akan terus meningkat.

Lurah Desa Bumi Jaya, Hari Selamet menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan PLN untuk pengembangan masyarakat di Desa Bumi.

“PLN telah banyak berkontribusi untuk Desa Bumi Jaya, selain untuk melakukan peningkatan keandalan listrik dengan pembangunan SUTT 150kV Maloy-Talisayan, PLN juga memperhatikan sosial dan lingkungan yang terdampak, salah satunya melalui program TJSL ini. Selain pelatihan, PLN juga nantinya akan memberikan alat produksi. Harapannya dengan kelompok usaha bersama ini, perekonomian di Desa Bumi Jaya semakin tumbuh,” tutup Hari.

Topik Menarik