Dear Pengendara Motor-Mobil, Operasi Zebra Lodaya 2024 Dimulai Hari Ini, Bawa Surat Kendaraan

Dear Pengendara Motor-Mobil, Operasi Zebra Lodaya 2024 Dimulai Hari Ini, Bawa Surat Kendaraan

Terkini | bandungraya.inews.id | Senin, 14 Oktober 2024 - 10:30
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Hari ini, Senin (14/10/2024), Operasi Zebra Lodaya 2024 digelar serentak di seluruh daerah di Jawa Barat. Dalam operasi ini, Polda Jabar dan jajaran menyasar para pelanggar aturan lalu lintas, seperti berkendara sambil menggunakan handphone, dalam pengaruh minuman keras atau mabuk, tak mengenakan savety belt, helm, dan pelanggaran lain.

Operasi Zebra Lodaya-2024 mengusung tema “Melalui Operasi Zebra Lodaya-2024 Polda Jabar Dalam Rangka Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Untuk Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas Yang Aman Dan Nyaman”

"Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Polri bersama pemerintah,  didukung instansi terkait dan pemangku jalan, bertanggung jawab menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas serta menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas dan fatalistas korban kecelakaan agar tercipta kamseltibcarlantas aman dan kondusif," kata Wakapolda Jabar Brigjen Pol Wibowo saat memimpin apel gelar pasukan di Mapolda Jabar.

Brigjen Pol Wibowo menyatakan, di era saat ini, perlu kerja keras kepolisian dalam upaya preemtif dan preventif serta penegakan hukum lalu lintas didukung secara elektronik menggunakan Electronic Tilang Law Enforcement (ETLE) statis dan mobile. 

"Saat bertugas di lapangan, petugas harus melakukan teguran humanis untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas," ujar Brigjen Pol Wibowo.

 

Wakapolda Jabar menuturkan, Operasi Zebra Lodaya-2024 bertujuan untuk cipta kondisi keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas pascapelantikan Presiden/Wakil Presiden pada Pemilu 2024. Operasi ini digelar serentak di wilayah hukum Polda Jabar selama 14 hari terhitung mulai 14 Oktober sampai 27 oktober 2024.

"Jumlah personel yang terlibat dalam Operasi Zebra Lodaya 2024 sebanyak 1.967 orang. Perinciannya, Satgas Polda Jabar 520 personel dan satgas polres jajaran 1.447," tutur Wakapolda.

Brigjen Pol Wibowo mengatakan, Operasi Zebra Lodaya 2024 dengan tujuan menurunkan jumlah kejadian dan jumlah fatalitas korban kelakaan lalu lintas. Kemudian, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan (PG), ambang gangguan (AG), dan gangguan nyata (GN) yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas baik sebelum, saat, maupun pascaoperasi.

Operasi Zebra Lodaya2024 digelar di ruas jalan tol dan jalan non-tol (arteri) yang menjadi kewenangan dan tanggung jawab fungsi Lantas Polri, didukung oleh fungsi kepolisian lain serta instansi terkait. 

”Hindari tindakan kontra produktif dan sikap arogan sehingga kehadiran polisi lalu lintas dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucap Brigjen Pol Wibowo.

Topik Menarik