Hormati Perjuangan Tokoh Pemekaran KBB, Cabup Edi Rusyandi Ziarah ke Makam Endang Anwar

Hormati Perjuangan Tokoh Pemekaran KBB, Cabup Edi Rusyandi Ziarah ke Makam Endang Anwar

Terkini | bandungraya.inews.id | Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:00
share

BANDUNG BARAT,iNews BandungRaya.id - Calon Bupati Bandung Barat Edi Rusyandi memberikan perhomatan setinggi-tingginya kepada tokoh pejuang pemekaran Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Hal itu dibuktikan dengan komitmen pasangan Calon Bupati Bandung Barat Edi Rusyandi dan Calon Wakil Bupati Bandung Barat Unjang Asari (EDUN) untuk mewujudkan cita-cita dari para tokoh pemekaran KBB.

Bahkan di sela-sela kesibukannya melakukan kampanye, Edi Rusyandi menyempatkan diri berziarah ke makam salah satu tokoh pendiri dan pemekaran KBB, Endang Anwar, di Desa Cipada, Kecamatan Cisarua, KBB.

Semasa hidup Endang Anwar dikenal lantang menyuarakan terbentuknya KBB. Dia selalu terdepan menyampaikan aspirasi agar KBB menjadi daerah otonomi baru terpisah dari Kabupaten Bandung. Dia akhirnya menjadi Ketua Komite Pembentukan Kabupaten Bandung Barat (KPKBB).

"Saya berkesempatan ziarah ke makam tokoh pemekaran Bandung Barat, H Endang Anwar dan mendoakan almarhum," kata Edi saat ditemui, Senin (21/10/2024).

Edi menilai Endang Anwar adalah tokoh yang berjasa melahirkan daerah otonomi KBB. Sebagai bentuk penghormatan sudah sepatutnya dirinya mengunjungi makam mendiang Endang Anwar dan ikut melanjutkan cita-cita pemekaran yang belum terwujud.

Semangat pemekaran KBB dilandasi atas keinginan masyarakat terwujudnya kesejahteraan, pemenuhan layanan dasar, peningkatan kualitas pendidikan, serta perbaikan infrastruktur.

"Atas dasar itu maka kami dari pasangan EDUN bertekad melanjutkan cita-cita (pemekaran) tersebut. Yakni pemerintahan bersih, keadilan pembangunan, serta meningkatkan kesejahteraan," tandasnya.

Edi pun menyoroti soal sejumlah persoalan di KBB yang belum dituntaskan padahal usianya telah menginjak umur 17 tahun.

Kondisi itu bisa selesai jika hadir sosok pemimpin yang berorientasi untuk kepentingan masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi.

"Bandung Barat ini bukan hadiah, tapi penuh pengorbanan, saya bertekad untuk lanjutkan cita-cita pemekaran yakni menghadirkan pelayanan cepat dan dekat serta mewujudkan kesejahteraan," tegas Edi.

Menurutnya, selesai berziarah mendoakan pejuang pemekaran, dirinya lalu meminta restu, silaturahmi, sekaligus wejangan dari keluarga besar almarhum Endang Anwar.

Perwakilan keluarga Endang Anwar, Ahmad Sumpena mengaku bersyukur atas kedatangan calon Bupati Bandung Barat Edi Rusyandi. Dirinya berharap pasangan EDUN menjalankan tiga pilar perbaikan di Bandung Barat sesuai pesan almarhum Endang Anwar.

"Cita-cita almarhum Pa Endang Anwar ingin punya bupati asli orang Bandung Barat. Almarhum juga berpesan ada 3 pilar, yaitu perbaikan kualitas pendidikan seperti sistem, fasilitas dan kurikulum harus lebih ditingkatkan, serta kesehatan yang meliputi pelayanan dasar ke masyarakat," tuturnya. (*)

Topik Menarik