Masjid An-Nur Kota Probolinggo Kembali Jadi Target Pencuri

Masjid An-Nur Kota Probolinggo Kembali Jadi Target Pencuri

Terkini | batu.inews.id | Rabu, 16 Oktober 2024 - 18:50
share

PROBOLINGGO, Batu.iNews.id – Pencurian kotak amal di Masjid An-Nur, Jalan Suyoso, Kota Probolinggo, kembali terjadi pada Rabu (16/10/2024) pagi. Insiden ini mengulang kasus serupa yang terjadi setahun lalu, yang hingga kini belum terpecahkan.

Muhammad Sadun, takmir masjid, mengungkapkan, pencurian terjadi sekitar pukul 05.27 WIB, sesaat sebelum waktu salat Subuh. 

Pelaku terekam kamera CCTV memasuki masjid melalui pintu barat dan dengan sigap berusaha mencongkel kotak amal yang berada di ruangan tengah.

Namun, aksi tersebut sempat tertunda karena kedatangan seorang jemaah yang membuat pelaku harus menunggu situasi hingga kondusif.

Begitu suasana kembali sepi, pelaku membawa kotak amal ke area kamar mandi perempuan, di mana ia mencongkel kotak tersebut dan mengambil uang sekitar Rp 2 juta.

“Setelah itu, pelaku melarikan diri, meninggalkan kotak amal yang sudah rusak di kamar mandi,” jelas Sadun.

Sadu juga mengungkap, dari rekaman CCTV, pelaku terlihat tidak pernah dikenal sebagai jemaah rutin di masjid An-Nur.

Polisi segera datang ke lokasi setelah kejadian untuk melakukan penyelidikan.

IPTU Zainullah Regama, Plt Kasi Humas Polres Probolinggo Kota, membenarkan peristiwa tersebut dan menyatakan bahwa kasus ini sedang dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

“Saat ini masih kami dalami,” ucap Zainullah singkat.

Diketahui, kasus serupa terjadi setahun lalu, dengan modus pencurian yang hampir sama. Namun, hingga kini pelaku dari peristiwa pertama tersebut belum berhasil ditangkap.

Topik Menarik