Melalui Ngopi Bareng, Polisi RW Sampaikan Imbauan Pilkada Damai

Melalui Ngopi Bareng, Polisi RW Sampaikan Imbauan Pilkada Damai

Terkini | batu.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 22:30
share

SITUBONDO, Batu.iNews.id - Dalam upaya menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif selama tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Situbondo 2024, Satpolairud Polres Situbondo, Polda Jatim, terus menggelar berbagai langkah preventif, salah satunya melalui patroli dan sambang masyarakat nelayan serta pesisir.

Salah satu kegiatan yang dinilai membawa dampak positif bagi keamanan masyarakat adalah program “Ngopi Bareng” yang dilakukan oleh anggota Satpolairud, yang juga berperan sebagai Polisi RW.

Salah satu yang aktif dalam kegiatan ini adalah Aipda Fasigai bersama timnya. Pada Rabu malam, 23 Oktober 2024, mereka menggelar kegiatan di Desa Pesisir dan Pelabuhan Panarukan.

Kasat Polairud, AKP Gede Sukarmadiyasa, S.H., M.H., menjelaskan jika pendekatan humanis ini bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menciptakan Pilkada Damai 2024. 

Dengan suasana santai sambil menyeruput kopi, mereka berbincang dengan warga secara langsung.

"Ngobrol ringan ditemani segelas kopi, pesan damai pun kami sampaikan dengan cara yang santai namun penuh makna. Pendekatan informal seperti ini lebih efektif dalam membangun kedekatan dan menyampaikan pesan penting,” ungkapnya.

AKP Gede Sukarmadiyasa menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pendekatan humanis Polri dalam menjaga keamanan masyarakat.

“Lewat obrolan santai ini, kami merangkul masyarakat dari berbagai kalangan untuk memahami pentingnya menjaga ketertiban selama Pilkada, serta mengajak mereka agar tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah,” tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, isu-isu penting juga dibahas, seperti penyebaran hoaks, ujaran kebencian, dan pentingnya menghargai pilihan politik orang lain.

“Cara ini lebih efektif daripada kegiatan resmi atau secara formal yang dirasa kaku dalam menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat,”tutupnya.

Topik Menarik