Respons Istana soal Mulyono Penyebab Anies Gagal Diusung PDIP di Pilgub Jabar

Respons Istana soal Mulyono Penyebab Anies Gagal Diusung PDIP di Pilgub Jabar

Berita Utama | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 13:40
share

JAKARTA, iNews.id - Istana buka suara terkait sosok Mulyono menjadi penyebab PDI Perjuangan batal mengusung Anies Baswedan Pilgub Jawa Barat. Mulyono diketahui nama kecil Presiden Joko Widodo (Jokowi), namun diubah orang tuanya karena sering sakit-sakitan.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyebut pencalonan kepala daerah dan wakil kepala daerah termasuk Anies urusan partai politik.

"Pencalonan kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam pemilu kepala daerah adalah sepenuhnya menjadi urusan partai politik atau gabungan partai politik," kata Ari dalam keterangannya, Jumat (30/8/2024).

Ari menjelaskan keputusan pencalonan atau tidak dicalonkan seseorang diputuskan melalui mekanisme internal partai politik masing-masing. Setiap partai memiliki kedaulatan untuk memutuskannya.

"Jangan sampai, semua problem putusan internal partai, selalu dikait-kaitkan dengan Presiden," kata Ari.

Sebelumnya, Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Barat Ono Surono mengungkapkan alasan partainya yang batal mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jabar 2024. Menurutnya ada kekuatan geng besar dan Mulyono di balik gagalnya Anies maju pilkada.

Ada tangan-tangan dari luar yang tidak menghendaki Pak Anies diusung di Jabar, Mulyono dan geng," kata Ono di Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/8).

Topik Menarik