Pramono dan Risma Maju Pilkada 2024, Istana Pastikan Kinerja Pemerintah Tak Terganggu 

Pramono dan Risma Maju Pilkada 2024, Istana Pastikan Kinerja Pemerintah Tak Terganggu 

Berita Utama | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 15:04
share

JAKARTA, iNews.id - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Menteri Sosial Tri Rismaharani maju Pilkada 2024. Istana memastikan kinerja pemerintahan tidak terganggu.

Pramono mendaftar sebagai Bakal Calon Gubernur Jakarta dan Risma maju Cagub Jawa Timur.

"Kinerja pemerintahan tidak akan terganggu. Kerja-kerja pemerintahan berjalan seperti biasa dengan ditopang oleh sistem dan tata kelola birokrasi yang handal," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (30/8/2024).

Selain itu, menurut Ari, dalam UU Pilkada tidak ada kewajiban bagi seorang menteri, pejabat setingkat menteri, atau kepala lembaga yang hendak maju sebagai calon kepala daerah/wakil kepala daerah untuk mundur dari jabatannya.

"Pada prinsipnya, Presiden menghormati hak politik dari setiap warga negara, termasuk yang saat ini menjabat sebagai menteri atau Kepala Lembaga untuk dicalonkan oleh partai politik, sebagai bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah pada Pilkada 2024," ungkapnya.

Ari menjelaskan bahwa tahapan pilkada baru pendaftaran, dan memasuki tahap penelitian persyaratan calon. Sementara pengajuan cuti harus mengikuti aturan dan perundang-undangan.

"Pengajuan cuti tentu harus mengikuti aturan/koridor perundang-undangan. Dan juga akan diproses oleh Kementerian Sekretariat Negara RI sesuai ketentuan yang berlaku," kata Ari.

Topik Menarik