Berhenti Sekarang! Ini Bahaya Merokok Setelah Makan yang Harus Jadi Perhatian

Berhenti Sekarang! Ini Bahaya Merokok Setelah Makan yang Harus Jadi Perhatian

Berita Utama | inews | Senin, 2 September 2024 - 12:28
share

JAKARTA, iNews.id - Kebiasaan merokok setelah makan harus dihentikan sekarang juga. Sebab, terdapat bahaya serius mengintai Anda jika tetap menjadikan itu sebagai keharusan.

Merokok terbukti memicu masalah serius pada tubuh, termasuk kematian. Melansir Australian Government Department of Health and Aged Care, dalam waktu 10 detik setelah Anda mengisap rokok, zat kimia beracun dalam asap tembakau akan mencapai otak, jantung, dan organ tubuh lainnya.

Lantas, apa dampak buruk dari kebiasaan merokok setelah makan?

Dokter Dion Haryadi menerangkan, bahaya merokok setelah makan akan terjadi pada proses pencernaan. Ini dapat membuat gizi yang harusnya diserap oleh tubuh lewat makanan yang dikonsumsi, tidak terserap maksimal.

Saat sistem pencernaan lagi aktif-aktifnya, kalau Anda merokok, maka nikotin pada rokok dapat ikut terserap dan itu bisa mengganggu proses pencernaan, ungkap dr. Dion dikutip dari Instagramnya, @dionharyadi, Senin (2/9/2024).

Secara genetik, lanjut dr Dion, orang yang merokok punya daya serap nutrisi yang buruk ketimbang mereka yang tidak merokok. Perokok terbukti lebih sulit menangkap gizi baik yang didapat dari apa yang dikonsumsi.

Ada penelitian yang mengungkap bahwa tubuh perokok lebih sulit menyerap zat gizi dari makanan ketimbang mereka yang bukan perokok. Jadi lebih baik untuk berhenti, kata dr Dion.

Di kesempatan itu, dr Dion mengatakan kalau Anda masih sulit untuk berhenti total tidak merokok setelah makan, disarankan setidaknya beri jeda 20 menit setelah makan.

Meskipun sekali lagi, akan jauh lebih baik jika tidak merokok sama sekali. Sebab, merokok terbukti tidak membawa kebaikan apapun bagi kesehatan tubuh Anda.

Topik Menarik