Rantis Brimob Disiagakan jelang Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta

Rantis Brimob Disiagakan jelang Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta

Berita Utama | inews | Selasa, 3 September 2024 - 09:40
share

JAKARTA, iNews.id - Persiapan pengamanan kedatangan pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Selasa (3/9/2024), dilakukan. Kendaraan taktis (rantis) Brimob Polri disiagakan untuk menunjang keamanan.

Berdasarkan pantauan iNews.id, terlihat polisi mulai berjaga di ring 1 area Terminal VIP Bandara Soekarno-Hatta. Para polisi tampak dilengkapi senjata laras panjang.

Tak hanya itu, polisi lalu lintas (polantas) juga mulai diarahkan untuk menjaga setiap sudut area di sekitar kawasan Bandara Soetta.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta juga sebagai kepala negara, sehingga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) diperhatikan.

“Perlu diketahui oleh masyarakat dalam rangkaian kebesaran ini, tentunya seluruh jalur yang akan dilintasi oleh Bapak Paus ini adalah clear,” ujar Latif kepada wartawan, Senin (2/9/2024).

Kendati demikian, kata dia, penutupan jalur di sepanjang rute Paus Fransiskus bersifat situasional.

“Jadi pada saat diinformasikan Paus sudah mendarat di bandara, jalur mulai dari Soekarno-Hatta, Tol Sedyatmo, Tol Dalam Kota, Jalur Sudirman-Thamrin, sampai dengan Kedubes Vatikan kita akan melakukan clear, yaitu pada saat Paus mendekati sekitar radius 1 km, kita sudah melakukan clear dari pada seluruh kendaraan yang ada,” jelas Latif.

Kemudian saat kegiatan Paus Fransiskus pada Rabu (4/9/2024), rekayasa lalu lintas akan dilakukan.

“Sehingga nanti jalur rute yang dari (Kedubes) Vatikan menuju Istana, setelah itu menuju ke Istiqlal, menuju Katedral, tentunya ada beberapa pengalihan arus yang akan kita lakukan,” tutur Latif.

“Khususnya memang di sekitaran itu, khususnya di Harmoni. Di Harmoni kita akan melakukan rekayasa lalu lintas dan juga di Tugu Tani, kita akan melakukan rekayasa lalu lintas, begitu juga di Bundaran Patung Kuda,” jelasnya.

Sedangkan Kamis (5/9/2024) menjadi kegiatan puncak Paus Fransiskus. Dia akan memimpin Misa Agung di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

“Nah yang paling krusial, perlu kami informasikan, ini perlu diketahui masyarakat dan mungkin aktivitas masyarakat Kota Jakarta akan sedikit terganggu, khususnya pada tanggal 5, hari Kamis, mulai pukul 06.00 WIB khususnya jalur seputaran Gelora Bung Karno, kita akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas,” papar Latif.

Topik Menarik