Menag soal Paus Fransiskus Tak Pakai Mobil Mewah: Sangat Sederhana, Patut Dicontoh

Menag soal Paus Fransiskus Tak Pakai Mobil Mewah: Sangat Sederhana, Patut Dicontoh

Berita Utama | inews | Selasa, 3 September 2024 - 15:10
share

JAKARTA, iNews.id - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus tak memakai mobil mewah sebagai kendaraan selama melakukan perjalanan apolistik di Indonesia pada 3-6 September 2024. Dia menggunakan Toyota Innova Zenix.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Paus Fransiskus menunjukkan kesederhanaan. Dia menilai Paus Fransiskus hendak memberikan contoh sebagai pemimpin agama maupun negara.

"Ya saya kira ini luar biasa kesederhanaan beliau, beliau contohkan bagaimana menjadi, karena beliau ini kan bukan hanya pemimpin agama, tetapi juga pemimpin negara," kata Yaqut usai menyambut Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Selasa (3/9/2024). 

"Beliau ini pemimpin takhta suci Vatikan dan dengan kesederhanaannya, beliau tunjukkan itu. Beliau memilih kendaraan pun dengan cara yang sangat sederhana dan ini untuk patut dicontoh," tandasnya.

Berdasarkan pantauan iNews.id, Paus Fransiskus menggunakan pesawat khusus ITA Airways. Pesawat itu mendarat di landasan udara Bandara Soetta sekitar pukul 11.24 WIB.

Selama di Indonesia, Paus Fransiskus akan berkunjung ke beberapa tempat seperti Istana Kepresidenan, Kedutaan Besar Vatikan, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal hingga Kantor KWI (Konferensi Waligereja Indonesia) hingga memimpin misa di Stadion GBK.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut hangat kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia. Dia mengucapkan selamat datang. 

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat, dan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke indonesia. Selamat datang Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Dia menyatakan kunjungan Paus Fransiskus kali ini sangat bersejarah usai sempat ditunda karena Covid-19.

"Selama empat hari kunjungan beliau Yang Teramat Mulia, Sri Paus akan melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan korps diplomatik dan wakil-wakil masyarakat, pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal, serta Misa Kudus," tandasnya.

Topik Menarik