Putin Dukung Kamala Harris Menang Pilpres AS, Begini Komentar Gedung Putih

Putin Dukung Kamala Harris Menang Pilpres AS, Begini Komentar Gedung Putih

Berita Utama | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 07:05
share

WASHINGTON, iNews.id - Gedung Putih mengomentari pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa negaranya mendukung Kamala Harris memenangkan Pilpres AS 2024. 

Juru Bicara Penasihat Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan, Putin harus berhenti berbicara tentang pilpres AS.

"Putin harus berhenti berbicara tentang pilpres kita. Titik. Dia seharusnya tidak memihak siapa pun dengan cara apa pun," kata Kirby, dikutip dari Sputnik, Jumat (6/9/2024).

Dia menegaskan satu-satunya pihak yang harus menentukan siapa presiden AS berikutnya adalah rakyatnya, bukan pihak asing.

"Kami akan sangat menghargai jika Putin berhenti berbicara tentang pilpres kita dan menghentikan campur tangan," ujarnya.

Putin pada Kamis kemarin mengatakan Rusia akan mendukung calon presiden (capres) Kamala Harris, sebagaimana direkomendasikan oleh Presiden Joe Biden. Meski demikian, Putin melanjutkan pernyataannya bahwa rakyat Amerika lah  yang akan memutuskan siapa yang menjadi presiden berikutnya.

“Kami (Rusia) akan melakukan hal yang sama, kami akan mendukungnya (Harris),” ucap Putin, merujuk pada rekomendasi Biden, saat berbicara di Forum Ekonomi Timur (EEF) di Kota Vladivostok.

“Dia (Harris) tertawa begitu ekspresif dan menular sehingga itu berarti semuanya baik-baik saja dengannya,” kata Putin, seraya berharap Harris akan menahan diri untuk menjatuhkan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia.

Ini bukan pernyataan dukungan pertama Putin kepada kandidat dari Partai Demokrat. Pada awal tahun ini, Putin mengaku lebih menyukai Joe Biden menjadi presiden AS daripada kandidat yang diusung Partai Republik, Donald Trump. 

Dia beralasan, Biden adalah politikus kolot dan lebih mudah ditebak, ketimbang Trump, sehingga lebih disenangi Kremlin. 

Topik Menarik