Mengenal Pager, Alat Komunikasi Hizbullah yang Meledak hingga Telan Korban Jiwa

Mengenal Pager, Alat Komunikasi Hizbullah yang Meledak hingga Telan Korban Jiwa

Berita Utama | inews | Rabu, 18 September 2024 - 09:35
share

JAKARTA, iNews.id - Ratusan pager milik Hizbullah Lebanon tiba-tiba meledak dan memakan korban jiwa. Sebenarnya apa itu pager?

Dikutip dari situs Aljazeera, Rabu (18/9/2024), pager adalah perangkat komunikasi kecil yang umum digunakan sebelum telepon seluler tersebar luas. Perangkat tersebut menampilkan pesan teks pendek untuk pengguna, disampaikan melalui telepon melalui operator pusat.

Mengenal Pager

Berbeda dengan mobile phone, pager bekerja pada gelombang radio, operator mengirimkan pesan melalui frekuensi radio – bukan internet. Diperkirakan teknologi dasar yang digunakan dalam pager serta ketergantungannya pada perangkat keras fisik berarti pager lebih sulit dipantau, sehingga populer di kalangan kelompok seperti Hizbullah yang mengutamakan mobilitas dan keamanan.

Alat komunikasi yang mempunyai nama lain beeper populer sejak akhir 1980-an hingga 1990-an. Namun pada 2000-an, telepon seluler yang lebih kecil, terjangkau, dan memiliki daya tahan baterai lebih baik membuat sebagian besar konsumen beralih ke komunikasi seluler. 

Dilansir dari TRT World, pager sering digunakan dalam industri seperti perawatan kesehatan, layanan darurat, dan oleh wartawan karena keandalannya. Pager, yang sering dianggap sebagai peninggalan masa lalu, terus memainkan peran penting, khususnya dalam situasi yang mengutamakan keandalan dan urgensi.

Keandalannya terlihat saat darurat di mana jaringan seluler gagal berfungsi, menyediakan cadangan penting untuk komunikasi.
Tidak seperti telepon pintar, pager dibuat untuk komunikasi penting, meredam kebisingan peringatan sehari-hari, dan memastikan pemberitahuan prioritas mudah dikenali.

Selain keandalan, pager menawarkan serangkaian fitur privasi yang unik. Karena tidak memiliki GPS atau Bluetooth, pager menarik bagi individu yang lebih suka "tidak terhubung" tanpa kemungkinan pelacakan lokasi.

Pager juga menyediakan cara menghindari panggilan otomatis karena biasanya hanya kontak tertentu yang memiliki akses ke nomor pager, sehingga menjadikannya alat komunikasi efektif untuk masalah penting atau sensitif waktu.

Tingkat keamanan ini, dikombinasikan dengan efektivitas biaya dan kemampuan untuk bekerja di lingkungan yang aman dengan pembatasan penggunaan ponsel, menjadikan pager pilihan praktis di banyak industri, mulai dari perawatan kesehatan hingga lingkungan pemerintahan dengan keamanan tinggi.

Topik Menarik