Presiden Ukraina: Tindakan Tegas AS Bisa Akhiri Perang Rusia Tahun Depan

Presiden Ukraina: Tindakan Tegas AS Bisa Akhiri Perang Rusia Tahun Depan

Berita Utama | okezone | Selasa, 24 September 2024 - 16:26
share

UKRAINA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Senin (23/9/2024) mengatakan tindakan tegas Amerika Serikat (AS) saat ini bisa mempercepat berakhirnya perang Rusia melawan Ukraina pada tahun depan. Hal ini diungkapkan Zelenskiy setelah mengatakan kepada ABC News bahwa negaranya semakin dekat dengan akhir perang.

"Sekarang, di akhir tahun, kita punya kesempatan nyata untuk memperkuat kerja sama antara Ukraina dan Amerika Serikat," kata Zelenskiy dalam sebuah posting di aplikasi perpesanan Telegram setelah bertemu dengan delegasi bipartisan dari Kongres AS.

"Tindakan tegas sekarang bisa mempercepat berakhirnya agresi Rusia terhadap Ukraina tahun depan, lanjutnya.

Zelenskiy diketahui berada di AS untuk menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SU PBB). Kemudian pada minggu ini ia akan pergi ke Washington untuk menyampaikan rencana kemenangannya dan memengaruhi kebijakan Gedung Putih terkait perang tersebut, tidak peduli siapa yang memenangkan pemilihan umum AS pada 5 November mendatang.

Pada Senin (23/9/2024), kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump yang mengatakan bahwa ia akan mengakhiri perang dalam beberapa hari jika terpilih, mengklaim tanpa bukti bahwa Zelenskiy menginginkan Demokrat untuk menang pada bulan November.

Kantor kepresidenan di Kyiv tidak segera menanggapi permintaan komentar, tetapi Zelenskiy sebelumnya mengatakan bahwa ia bersedia bekerja sama dengan siapa pun yang menempati Gedung Putih.

Dalam wawancara dengan ABC News, Zelenskiy mendesak Washington dan mitra lainnya untuk terus mendukung Ukraina. Washington dan sekutunya telah memberikan program bantuan bernilai miliaran dolar kepada Ukraina sementara juga memberlakukan beberapa putaran sanksi terhadap Moskow.

"Saya pikir kita lebih dekat dengan perdamaian daripada yang kita duga," lanjutnya.

"Kita lebih dekat dengan akhir perang, tambahnya.

Topik Menarik