Prabowo Mau Tambah Jumlah Kabinet, PUPR bakal Bangun 1 Kompleks Kemenko Lagi di IKN

Prabowo Mau Tambah Jumlah Kabinet, PUPR bakal Bangun 1 Kompleks Kemenko Lagi di IKN

Berita Utama | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 16:33
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN (Ibu Kota Nusantara) Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan pihaknya siap membangun 1 tambahan kompleks perkantoran Kementerian Koordinator (Kemenko) lagi di IKN. Hal ini untuk menyesuaikan kebutuhan perkantoran.

Sebagai informasi, Presiden Terpilih Prabowo Subianto berencana menambah jumlah Kementerian  pada 2025 mendatang. 

"(Pembangunan IKN saat ini) kita masih mengacu pada 4 Kemenko, kalau nanti ada perubahan, kita akan sesuaikan lagi, kita menunggu perintah saja, seperti apa situasinya," kata Danis kepada iNews.id, Sabtu (12/10/1024).

Danis pun mengakui hingga saat ini belum ada arahan terkait pembangunan sarana dan prasarana dasar yang dibiayai oleh APBN. Termasuk untuk membangun 1 Kantor Kemenko lagi pada tahun 2025.

"Karena memang belum ada dasarnya (hukum pembentukan 1 Kemenko baru Prabowo), kalau ada nanti pasti ada perubahan, ya kita akan sesuaikan," tutur dia.

Adapun pagu anggaran yang dialokasikan untuk IKN pada tahun 2025 baru sebatas melanjutkan proyek-proyek Multi Years Contract, dan untuk melelang beberapa pekerjaa baru misal Kantor Lembaga Legislatif. 

Sementara itu, pembangunan kompleks DPR di IKN siap untuk dilelang di tahun depan. Saat ini pihaknya tengah melakukan penyusunan desain bangunan terlebih dahulu oleh Kementerian PUPR.

"(Target lelang 2025) itu ada gedung DPR, kompleks yudikatif. Legislatif dulu yang pertama (kita lelang), kedua yudikatif, kita ingin semua berjalan, tapi semua kan kita menyesuaikan budget juga," kata Danis.

Topik Menarik