Saudara Tiri Ratan Ditunjuk Pimpin Tata Group

Saudara Tiri Ratan Ditunjuk Pimpin Tata Group

Berita Utama | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 21:20
share

MUMBAI, iNews.id - Saudara tiri mendiang Ratan Tata, Noel Tata ditunjuk sebagai Ketua Tata Trusts. Pengumuman tersebut disampaikan perusahaan sehari setelah kematian Ratan.

Melansir BBC, Noel Tata merupakan putra dari Naval Tata, ayah Ratan, dan Simone Tata. Sebelumnya, dia menempati posisi direksi di sejumlah perusahaan Tata Group, termasuk Tata Trusts. Saat ini Noel akan memimpin kegiatan amalnya.

Tata Trusts merupakan lembaga filantropi perusahaan yang memegang saham mayoritas sebesar 66 persen di Tata Sons, salah satu grup bisnis terbesar di India, dengan pendapatan tahunan lebih dari 100 miliar dolar AS.

Noel diketahui merupakan Ketua Tata International Ltd, Voltas dan Tata Investment Corporation, serta Wakil Ketua di Tata Steel and Titan Company Ltd.

Selain itu, Noel juga memimpin perusahaan ritel pakaian milik Tata, Trent Limited, yang telah mengalami pertumbuhan kinerja luar biasa sejak diambil pada tahun 2014. Perusahaan ini mengoperasikan format ritel mode dan gaya hidup yang sangat sukses seperti Westside, Zudio, dan Utsa.

Dari tahun 2010 hingga 2021, Noel Tata menjalankan perusahaan perdagangan dan distribusi global milik grup tersebut, Tata International, yang pendapatannya meningkat dari 500 juta dolar AS menjadi lebih dari 3 miliar dolar AS dalam kurun waktu tersebut.

Setelah terpilih sebagai Ketua Tata Trusts, Noel merasa sangat tersanjung atas kesempatan tersebut dan dia berharap dapat meneruskan warisan saudaranya.

"Pada kesempatan yang khidmat ini, kami mendedikasikan diri kembali untuk meneruskan inisiatif pembangunan dan filantropi kami dan terus memainkan peran kami dalam pembangunan bangsa," ucap Noel dalam sebuah pernyataan dikutip, Minggu (13/10/2024).

Ketiga anak Noel Tata juga menjadi pengurus di beberapa badan amal yang terkait dengan keluarga tersebut. Putranya, Neville, merupakan kepala Star Bazaar, jaringan supermarket ritel milik grup tersebut. 

Putrinya, Leah Tata, bertanggung jawab atas merek Gateway di bawah naungan The Indian Hotels Company. Lalu putrinya yang lain, Maya Tata bekerja di Tata Digital.

Seperti diketahui, Ratan Tata belum menikah dan tidak memiliki anak, serta belum secara terbuka menunjuk penggantinya. Kematiannya memunculkan pertanyaan tentang siapa yang akan mengambil alih Tata Trusts sebagai penggantinya.

Pada tahun 2012, Ratan mengundurkan diri sebagai ketua Tata Sons dan menyerahkan kendali kepada Cyrus Mistry. Pada tahun 2016, Mistry tiba-tiba dicopot dan Ratan kembali sebagai ketua sementara selama beberapa tahun. 

Pada tahun 2017, N Chandrasekaran diangkat menjadi ketua, jabatan yang masih dipegangnya. Ratan kemudian menjadi ketua emeritus grup tersebut, jabatan yang dipegangnya hingga kematiannya. Selain itu, dia juga tetap menjadi ketua lembaga filantropi tersebut hingga akhir hayatnya.

Topik Menarik