Makin Berkembang! Ada 200 Penginapan Berdiri di Sekitar IKN

Makin Berkembang! Ada 200 Penginapan Berdiri di Sekitar IKN

Berita Utama | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 15:10
share

JAKARTA, iNews.id - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus digenjot pemerintah. Hal itu pun berdampak pada kenaikan perekonomian dan bisnis di kawasan Penajam Paser Utara dan kota penyangga, Balikpapan.

Keberadaan IKN memberikan angin segar bagi pelaku usaha di kedua kawasan ini. Terpantau, sejumlah usaha mulai menjamur, termasuk di bidang perhotelan.

Homestay atau hotel mulai bermunculan di sekitar kawasan IKN. Saat ini, jumlah penginapan mencapai 200, terdiri atas hotel berbintang dan non-bintang. 

Di kawasan sekitar Sepaku, misalnya, sudah banyak usaha penginapan yang berdiri. Saat ini, sebanyak 11 hotel di Penajam Paser Utara telah tergabung dalam Anggota Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). 

Menurut Ketua PHRI Balikpapan, Soegianto masifnya realisasi investasi sektor perhotelan di IKN Nusantara terjadi di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hingga saat ini, setidaknya terdapat lebih dari 10 proyek investasi hotel di IKN. Marathon investasi hotel di kota baru tersebut pertama kali dibuka oleh Konsorsium Nusantara yang dipimpin oleh Soegianto Kusuma (Aguan), yang membangun Swissotel Nusantara.

Topik Menarik