Dikta Perankan Daru di <i>Aku Jati, Aku Asperger</i>, Kenang Momen Temani Kakak ke SLB

Dikta Perankan Daru di Aku Jati, Aku Asperger, Kenang Momen Temani Kakak ke SLB

Berita Utama | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 04:05
share

JAKARTA - Pradikta Wicaksono alias Dikta berbagi cerita mengenai karakter yang diperankannya dalam film terbaru 'Aku Jati, Aku Asperger.' Dalam film produksi Falcon Pictures ini, Dikta berperan sebagai Daru, kakak dari seorang remaja bernama Jati (Jefri Nichol) dengan sindrom asperger. 

Sindrom asperger adalah salah satu jenis autisme. Sindrom ini ditandai dengan kesulitan sosial dan komunikasi, serta pola perilaku yang berulang atau membatasi.

Dikta mengaku tak kesulitan untuk memerankan Daru karena sudah terbiasa sejak kecil berhubungan dengan orang-orang yang memiliki keistimewaan tersebut. Sebab, Dikta kerap mengantarkan kakaknya yang tuli ke Sekolah Luar Biasa (SLB). 

"Saya dari kecil itu kebetulan berhubungan dengan teman-teman yang punya kelebihan asperger, autisme, tuli, SLBA, SLBB, SLBC karena kakak saya tuli. Hadi dari kecil, saya suka mengantarkan kakak saya ke sekolah dia. Jadi, kebetulan saya punya privilage, saya tahu gimana kebiasaan mereka dan lain lain," ujar Dikta di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2024). 

Dikta tak perlu banyak melakukan riset. Dia hanya perlu memutar kembali ingatannya dalam perjalanan hidupnya saat bertemu dengan penderita autisme. Dikta mengaku kagum dengan para penderita asperger.

"Jadi untuk research, saya hanya perlu recall dan kebetulan di perjalanan hidup saya, saya bertemu sama teman-teman yang mempunyai kelebihan asperger ini. Saya menyebutnya asperger karena saya kagum dengan mereka. Mereka punya sesuatu yang kita tidak punya sebenarnya," ucapnya.
 

 


Dika pun memuji akting Jefri Nichol yang mampu menghidupkan sosok Jati secara natural, seperti seseorang dengan sindrom asperger sungguhan. Dikta seperti melihat orang-orang yang ditemuinya dulu. 

"Jadi ketika saya nonton tadi dan saya melihat Nichol memerankan seseorang dengan kelebihan asperger itu dengan baik, saya itu kayak, ‘Gila Nichole berhasil me-recall saya.’ Ketika syuting pun saya langsung yang kayak, 'Oh iya, memang seperti ini kok.' Saya cukup kaget sebenarnya dan saya puas dan bahagia dengan film ini," ucapnya.

 


 

Topik Menarik