Profil 2 Wamen Kabinet Prabowo-Gibran, Purwadi dan Suntana Mantan Kapolda Lampung

Profil 2 Wamen Kabinet Prabowo-Gibran, Purwadi dan Suntana Mantan Kapolda Lampung

Berita Utama | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 15:30
share

BANDAR LAMPUNG, iNews.id - Presiden Prabowo Subianto melantik wakil menteri (wamen) di Istana Negara, Senin (21/10/2024). Deretan wamen yang dilantik, dua di antaranya mantan Kapolda Lampung, yakni Komjen Pol (Purn) Purwadi Arianto dan Komjen Pol (Purn) Suntana.

Keduanya menempati posisi strategis dalam Kabinet Merah Putih. Purwadi Arianto dipercaya sebagai Wamen Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), sementara Suntana menjabat sebagai Wamen Perhubungan.

Bekal pengalaman keduanya yang luas di Korps Bhayangkara, mereka kini siap mengemban tugas baru dalam pemerintahan untuk mendukung kebijakan-kebijakan strategis di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto.

Profil Komjen Pol (Purn) Purwadi Arianto

Purwadi Arianto lahir pada 1968, lulusan Akademi Polisi (Akpol) 1988. Dia dikenal memiliki spesialisasi di bidang reserse, pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadirreskrimum) di Polda Metro Jaya pada 2007 dan penyidik di Bareskrim Polri pada 2008. 

Kariernya semakin bersinar saat menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Maluku Utara, Kalimantan Barat dan Jawa Tengah 2010-2013. Sebelum menjabat Kalemdiklat, dia dipercaya sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Profil Komjen Pol (Purn) Suntana

Suntana merupakan lulusan Akpol 1989, memiliki karier yang fokus pada bidang intelijen dan keamanan. Setelah berkarier di Papua dan Jakarta, dia menduduki berbagai jabatan strategis, di antaranya Kapolres Metro Jakarta Barat, Wakabaintelkam Polri, dan Deputi VI BIN. 

Sebelum pensiun, dia menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri serta Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Pengangkatan kedua mantan perwira Polri di kabinet Prabowo-Gibran ini diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan kinerja kementerian yang mereka pimpin. 

Topik Menarik