Libatkan Lebih dari 100 Jet Tempur, Ini Kronologi Serangan Israel ke Iran

Libatkan Lebih dari 100 Jet Tempur, Ini Kronologi Serangan Israel ke Iran

Berita Utama | okezone | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 10:02
share

YERUSALEM - Lebih dari 100 jet tempur Israel terlibat dalam serangan terhadap Iran pada Sabtu, (26/10/2024), termasuk jet tempur generasi kelima F-35, demikian dilaporkan media Israel. Juru bicara pasukan pertahanan Israel (IDF) mengatakan serangan ini menargetkan fasilitas-fasilitas militer penting Iran.

Serangan Israel diawali dengan menargetkan radar di Suriah yang ditujukan untuk “membutakan” kemampuan deteksi Iran. IDF kemudian melancarkan serangan yang menargetkan Teheran dan Karaj, dan lokasi strategis lainnya.

Ledakan terdengar di kedua kota tersebut pada Sabtu dini hari, sementara laporan ledakan lain di Kota Shiraz, yang diduga merupakan gelombang kedua serangan Israel sejauh ini belum dikonfirmasi.

IDF menegaskan operasi tersebut hanya berfokus pada sasaran militer, menghindari fasilitas nuklir dan minyak untuk mencegah eskalasi konflik yang lebih luas.

Serangan skala besar ini melibatkan lebih dari 100 pesawat, termasuk pesawat tempur siluman F-35 “Adir”, yang menempuh jarak sekira 2.000 kilometer. Menggunakan amunisi berat, serangan jarak jauh seperti ini memerlukan kemampuan pengisian bahan bakar yang signifikan.

Israel sekarang memantau dengan siaga tinggi potensi tanggapan dari Iran, Irak, Yaman, Suriah, dan Lebanon, mempersiapkan serangkaian kemungkinan tindakan pembalasan.

“IDF sepenuhnya siap untuk melakukan manuver ofensif dan defensif, memantau Iran dan proksinya dengan cermat,” kata Juru Bicara IDF R.-Adm. Daniel Hagari sebagaimana dilansir The Jerusalem Post.

Sejauh ini Iran belum mengungkap informasi mengenai dampak kerusakan dan korban akibat serangan Israel tersebut.

 

Kantor berita resmi Iran, IRNA, mengutip sumber keamanan yang mengatakan bahwa beberapa suara yang terdengar di ibu kota disebabkan oleh “aktivitas pertahanan di Teheran, dan pertahanan udara berhasil (mencegat serangan Israel) dalam insiden ini.”

Dalam postingan Telegram terpisah, kantor berita tersebut mengatakan tidak ada laporan insiden yang memerlukan bantuan.

Situasi di Ibu kota Teheran juga dilaporkan berjalan dengan normal, begitu juga dengan aktivitas di bandara internasional Iran.

Baik Iran maupun Israel telah mengumumkan penutupan wilayah udaranya menyusul insiden ini, dan belum jelas berapa lama penutupan ini akan berlangsung.