3 Alasan Israel Akan Menyerang Iran secara Bertahap

3 Alasan Israel Akan Menyerang Iran secara Bertahap

Global | sindonews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 22:10
share

Israel sudah melaksanakan serangan balas dendam kepada Iran. Tapi, serangan tersebut masih berskala kecil dan belum memiliki dampak serius bagi Teheran.

Ada indikasi bahwa serangan Israel tersebut akan terus berlanjut dalam beberapa tahap. Itu juga dikarenakan situasi dan kondisi Iran sedang lemah. Selain itu, kondisi di Timur Tengah juga dalam situasi yang memanas.

3 Alasan Israel Akan Menyerang Iran secara Bertahap

1. Iran dalam Makin Lemah jika Serangan Akan Dilanjutkan

Hassan Mneimneh, analis politik di Middle East Institute, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa meskipun serangan Israel terhadap Iran sudah diperkirakan, masih belum jelas seberapa besar serangan itu dan apakah akan ada serangan lebih lanjut.

"Saya pikir masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa ini adalah serangan. Kita mungkin akan melihat lebih banyak lagi," kata Mneimneh.

"Jelas, Netanyahu berkepentingan untuk mencari lebih banyak, bukan hanya demi citra, tetapi karena ini memang merupakan momen kesempatan baginya, sejalan dengan kenyataan bahwa pemerintahan Amerika benar-benar dalam kondisi terlemahnya saat ini," katanya.

AS, kata Mneimneh, "tidak menunjukkan tanda-tanda kekuatan apa pun selama setahun terakhir, dan telah mengikuti persis naskah yang diinginkan Netanyahu", tambahnya.

"Tetapi ini adalah momennya, jika benar-benar tujuannya adalah menyeret AS untuk berperang melawan Israel dengan Iran. Ini adalah momen untuk itu. Jadi saya akan sangat terkejut jika [serangan] ini benar-benar terjadi.”

2. Serangan Berikutnya Akan Lebih Dahsyat

Trita Parsi, wakil presiden eksekutif lembaga pemikir Quincy Institute for Responsible Statecraft, mengatakan gelombang serangan Israel terhadap Iran mengkhawatirkan dan dapat mengindikasikan bahwa yang terburuk belum terjadi.

“Saya pikir kita harus sedikit berhati-hati sekarang karena kita telah melihat dua fase dari serangan ini. Ada kemungkinan akan ada beberapa fase lagi,” kata Parsi kepada Al Jazeera.

“Serangan itu mungkin akan lebih dahsyat daripada yang pertama karena serangan pertama mungkin berfokus pada sistem pertahanan udara – untuk menghancurkannya guna membuka jalan bagi serangan yang jauh lebih dahsyat setelahnya,” kata Parsi.

“Semua yang kita dengar sejauh ini tentang tidak adanya korban, kerusakan terbatas, pada dasarnya merupakan upaya untuk mengecilkan kerusakan akibat serangan Israel, dan yang mengindikasikan bahwa Iran tidak menginginkan eskalasi lebih lanjut,” katanya.

Namun, "tidak jelas apakah itu akan tetap terjadi dalam beberapa jam jika benar-benar berakhir dengan fase tiga, fase empat, dan mungkin fase lima," tambahnya.

Baca Juga: Iran Siap Balas Serangan Israel, Zionis Tak Siap Perang Skala Penuh Sekarang

3. Israel Belum Melakukan Serangan Berskala Penuh

Foad Izadi, profesor madya di Universitas Teheran, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa analis Iran yakin bahwa Israel belum siap untuk perang skala penuh dengan Iran.

"Saya pikir Israel sedang merencanakan perang besar melawan Iran, tetapi tidak saat ini," kata Izadi.

"Ingat itu terjadi di Lebanon. Israel menyerang Lebanon setelah satu tahun persiapan. Mereka memulai genosida di Gaza. Mereka melanjutkannya, dan kemudian setelah 11 bulan memulai genosida di Gaza, mereka mulai menyerang Lebanon," katanya.

"Mereka memutuskan untuk menundanya karena mereka butuh waktu untuk merencanakan serangan itu. Analisis di Iran adalah bahwa Israel tidak siap untuk konfrontasi militer besar dengan Iran saat ini," tambahnya.

"Mereka mungkin melakukannya setelah satu atau dua tahun. Saya pikir Israel ingin terlibat dalam perang terus-menerus, perang yang berkelanjutan.”

Topik Menarik