Korea Utara Tuding G7 Jadi Klub Perang

Korea Utara Tuding G7 Jadi Klub Perang

Global | sindonews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 16:28
share

Kelompok Tujuh (G7) telah berubah menjadi "klub perang" dan bukan lagi klub ekonomi. Itu diungkap media pemerintah Korea Utara dan menolak referensi apa pun bahwa blok tersebut mewakili komunitas internasional.

Menyebut G7 sebagai "kelompok kontraktor perang," Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) mengatakan dalam sebuah komentar bahwa setiap "campur tangan" oleh blok tersebut di Semenanjung Korea berarti "ekspansi militer NATO, aliansi perang global."

Itu bereaksi terhadap pertemuan menteri pertahanan G7 di Italia, yang pertama dari jenisnya, yang menurut Korea Utara "tidak sesuai untuk misi dan tugasnya."

Para menteri pertahanan G7 bertemu Sabtu lalu di Italia saat ketegangan meningkat di Timur Tengah dan perang antara Rusia dan Ukraina terus berlanjut.

Pertemuan tersebut, yang dihadiri oleh para menteri pertahanan dari AS, Jerman, Prancis, Kanada, Inggris, Italia, dan Jepang, serta Sekretaris Jenderal NATO Mark Rutte dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell, dimulai di Naples, kota di Italia selatan, yang juga merupakan rumah bagi pangkalan NATO.

Namun, KCNA menuduh negara-negara Barat "bekerja keras untuk membuat api perang di Eropa meluap" ke Asia sambil mengklaim keamanan dua benua "tidak dapat dipisahkan."

Baca Juga: Takut Iran Akan Balas Dendam, AS Klaim Tak Terlibat dalam Serangan Israel

KCNA juga menuduh G7 "menghasut" konfrontasi antar-kubu dengan membuat "pernyataan sembrono bahwa kerangka kerja keamanan internasional telah terjerumus ke dalam bahaya yang lebih serius oleh negara-negara yang merdeka dan berdaulat (seperti) Korea Utara, Rusia, dan Tiongkok."

Menanggapi partisipasi Korea Selatan dalam KTT NATO serta panggilan telepon Presiden Yoon Suk Yeol dengan Sekretaris Jenderal Rutte mengenai kerja sama Pyongyang dengan Rusia, ia mengatakan negara-negara Barat, negara anggota NATO, dan negara anggota G7, yang merupakan bagian dari Komando PBB yang dipimpin AS "terlibat langsung dalam latihan perang untuk agresi terhadap" Korea Utara.

Komando PBB gencatan senjata di luar negeri di sepanjang Zona Demiliterisasi antara Korea yang terbagi dari sisi selatan perbatasan.

Yoon berbicara dengan Rutte awal minggu ini untuk membahas dugaan pengerahan pasukan Korea Utara ke Rusia. Baik Moskow maupun Pyongyang tidak mengonfirmasi atau membantah klaim tersebut, tetapi Rusia menyebutnya berita "palsu" dan dibesar-besarkan.

Parlemen Rusia pada hari Kamis juga meratifikasi perjanjian dengan Korea Utara, yang memicu reaksi keras dari Seoul dengan "kekhawatiran serius."

Korea Selatan mengatakan akan mempertimbangkan pengiriman senjata ke Ukraina sebagai tanggapan atas meningkatnya hubungan militer antara Pyongyang dan Moskow.

Topik Menarik