Polisi Mulai Gelar Operasi Zebra di Bojonegoro, Ini Tujuannya

Polisi Mulai Gelar Operasi Zebra di Bojonegoro, Ini Tujuannya

Terkini | bojonegoro.inews.id | Senin, 14 Oktober 2024 - 11:50
share

BOJONEGORO, iNews.id – Polisi mulai menggelar Operasi Zebra Semeru tahun 2024. Dimulainya kegiatan tersebut ditandai dengan Apel Gelar Pasukan yang dilakukan di halaman Polres Bojonegoro, Senin (14/10/2024). 

Kegiatan Apel Pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, dan dihadiri oleh Wakapolres, para pejabat utama Polres Bojonegoro, serta perwakilan berbagai instansi terkait. 

Peserta apel meliputi jajaran Kapolsek, personel Subdenpom V/2-1 Bojonegoro, Kodim 0813/Bojonegoro, Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jatim, serta personel gabungan dari Polres Bojonegoro, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan BPBD Bojonegoro.

Simulainya operasi zebra ditandai dengan Kapolres Bojonegoro, menyematkan pita operasi kepada perwakilan personel TNI-Polri dan Dinas Perhubungan. 

Penyematan pita ini menandai kesiapan seluruh elemen yang terlibat dalam Operasi Zebra Semeru 2024, yang bertujuan untuk meningkatkan ketertiban lalu lintas dan menekan angka pelanggaran yang berpotensi memicu kecelakaan di jalan raya.

Setelah apel, Kapolres Bojonegoro didampingi  Wakapolres dan pejabat utama Polres melakukan pengecekan terhadap kesiapan pasukan serta kondisi kendaraan dinas operasional, baik roda dua maupun roda empat.

Pengecekan ini bertujuan memastikan seluruh sarana dan prasarana dalam kondisi optimal untuk mendukung kelancaran operasi yang berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024.

AKBP Mario Prahatinto menegaskan pentingnya operasi ini untuk menertibkan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara.

 “Operasi ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran yang sering menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya,” ujar pria lulusan Akpol tahun 2004 ini.

Operasi Zebra Semeru 2024 mengusung tema “Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Jelang Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Pada Pemilu 2024”. 

Dengan tema ini, diharapkan operasi dapat memberikan edukasi kepada masyarakat serta mendorong kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas, guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang aman dan nyaman.

Operasi Zebra Semeru akan berlangsung selama dua pekan, dengan berbagai kegiatan penertiban dan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya kepatuhan terhadap aturan lalu lintas.

“Digelarnya operasi ini diharapkan mampu menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang lebih baik, terutama menjelang momen politik penting di akhir tahun, yakni menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu 2024 dan tahapan Pilkada,” tutup Pria asa Palembang Sumatera Selatan ini.

Topik Menarik