Hari Pangan Sedunia, Remaja Ini Gagas Program Konsumsi Jajanan Sehat

Hari Pangan Sedunia, Remaja Ini Gagas Program Konsumsi Jajanan Sehat

Terkini | bondowoso.inews.id | Rabu, 16 Oktober 2024 - 21:20
share

GRESIK, INewsBondowoso.id - Hari Pangan Sedunia atau World Food Day diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Peringatan ini merupakan momen untuk meningkatkan kesadaran global tentang masalah makanan, kelaparan dan kekurangan pangan di berbagai belahan dunia.

Di Gresik ada seorang remaja yang memiliki perhatian penuh terhadap lingkungan sekitarnya dengan memberikan pemahaman tentang jajanan sehat.

Adalah Dharma Sucipto, penggagas Small Farming Food Society. Bersama teman-temannya, Dharma berhasil mengkreasikan 20 menu jajanan sehat terdiri dari makanan dan juga minuman.

Remaja ini juga memiliki lahan yang ditanami umbi-umbian atau kacang-kacangan. Hasil makanan dari lahan tersebut kemudian  gunakan sebagai bahan utama panganan tradisional.

Varian jajanan sehat yang Dharma produksi bersama teman - temannya  adalah susu Jagung yang mana tanpa susu, Pentol Ketela, Roti Selai Rosella dan juga puding jagung. 


Awal mula remaja ini memiliki perhatian terhadap jajanan sehat saat dirinya menempuh pendidikan SMA 1 Driyorejo, Gresik.

Saat itu ia tergabung dalam divisi
pertanian organik unit ekstrakulikuler Go
Green Smandry (GGS).

Dari situ Dharma melakukan promosi jajanan sehat, dan dilanjutkan sosialisasi ke sekolah-sekolah lainnya.

" Saya bercita-cita untuk punya rumah makan atau kafe yang menyediakan jenis makanan yang sehat dan unik, serta dibuat dari bahan-bahan organik,” ungkapnya.

Diharapkan dengan semakin banyaknya masyarakat yang sadar untuk mengkonsumsi makanan sehat, maka harapan hidup akan semakin panjang dan lebih produktif. 

Topik Menarik