Lanjutkan!  Pengangguran Kota Depok Terus Menurun, Ini Langkah Ciamik Pemkot Ciptakan Lapangan Kerja

Lanjutkan! Pengangguran Kota Depok Terus Menurun, Ini Langkah Ciamik Pemkot Ciptakan Lapangan Kerja

Terkini | depok.inews.id | Rabu, 23 Oktober 2024 - 12:20
share

DEPOK, iNews Depok.id – Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Depok terus menurun dari tahun ke tahun. Sejumlah langkah yang dilakukan Pemkot Depok efektif menciptakan lapangan kerja.

Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS) Kota Depok, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2023 sebesar 6,97 persen. Dengan demikian terjadi penurunan sebesar 0,85 persen dibandingkan Agustus 2022 dengan TPT 7,82 persen.

Tren menurunnya angka pengangguran usai Pandemi Covid-19 berhasil dilakukan Pemkot Depok. Pada Agustus 2021, tingkat pengangguran masih sebesar 9,76 persen. 

Membaca Tingkat Pengangguran Terbuka adalah jika TPT  6,97 persen berarti dari 100 orang angkatan kerja terdapat sekitar 7 orang penganggur.

Pemkot Depok melakukan serangkaian terobosan untuk mengurangi angka pengangguran. Terobosan tersebut antara lain melalui program penciptaan wira usaha baru maupun program-program pada urusan tenaga kerja seperti Peningkatan kompetensi tenaga kerja, penciptaan lapangan kerja, program padat karya dan bursa kerja online (BKOL).

Secara garis besar indikator keberhasilan Pemkot Depok dalam menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran pada tahun 2023 antara lain:

1. Program Perencanaan Tenaga Kerja
Sebanyak 13 perusahaan sudah menyusun Rencana Tenaga Kerja Mikro (RTK). Jumlah ini melebihi target 10 perusahaan yang menyusun RTK.

2. Program Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja
Jumlah peserta pelatihan yang dilatih sebanyak 200 orang. Adapun jenis pelatihan ada 9 macam. Peserta pelatihan yang mendapatkan sertifikat kompetensi sebanyak 100 orang. 

3. Program Penempatan Tenaga Kerja
Melalui Indikator Kinerja Jumlah Pencari Kerja yang yang terdaftar yang ditempatkan sebanyak 44.37 dari pencari kerja yang terdaftar sebanyak 5.263 Orang sedangkan pencari kerja yang ditempatkan sebanyak 2.335 Orang.

Sementara itu paslon incumbent Pilkada Kota Depok, Imam-Ririn menyatakan akan melanjutkan dan memperluas kebijakan Pemkot Depok dalam mengurangi pengangguran. Sejumlah langkah disiapkan termasuk pemberian modal usaha dan pelatihan wirausaha untuk ibu-ibu single parent di Kota Depok yang jumlahnya mencapai 11 ribu orang.

Topik Menarik