Warren Buffett Kembali Jual Saham Bank of America Senilai Rp13 Triliun

Warren Buffett Kembali Jual Saham Bank of America Senilai Rp13 Triliun

Ekonomi | inews | Minggu, 1 September 2024 - 19:27
share

NEBRASKA, iNews.id - Perusahaan investasi milik Warren Buffett, Berkshire Hathaway kembali memangkas kepemilikan di Bank of America. Setidaknya perusahaan telah menjual hampir 15 persen saham di bank tersebut.

Mengutip CNBC International , Warren Buffett telah menambahkan sekitar 6 miliar dolar AS ke tumpukan uang tunai untuk Berkshire Hathaway pada musim panas ini melalui serangkaian penjualan saham Bank of America sejak pertengahan Juli.

Menurut laporan terbaru hari Jumat, Berkshire menjual 21,1 juta saham pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat menghasilkan yang menghasilkan 848,2 juta dolar AS atau setara Rp13,17 triliun dengan harga rata-rata 40,24 dolar AS.

Berkshire telah menjual saham Bank of America selama enam sesi berturut-turut. Sejak mulai mengurangi kepemilikannya pada tanggal 17 Juli, konglomerasi milik Buffett telah menjual saham selama 21 dari 33 sesi terakhir.

Secara total, Berkshire telah memangkas kepemilikan Bank of America sebesar 14,5 persen dengan penjualan 150,1 juta saham seharga 6,2 miliar dolar AS dengan rata-rata 41,33 dolar AS per saham.

Adapun, Bank of America merupakan pemegang saham terbesar ketiga Berkshire, yang mencakup sekitar 11 persen dari portofolionya. Sementara, Berkshire tetap menjadi pemegang saham terbesar Bank of America dengan kepemilikan 11,4 persen dari 882,7 juta saham yang bernilai hampir 36 miliar dolar AS.

Namun, seiring penjualan yang terus berlanjut, jumlah saham Berkshire di bank tersebut mendekati Vanguard Group dengan 639 juta saham.

Meskipun ada beberapa teori tentang mengapa Berkshire menjual saham yang menurut Buffett tahun lalu tidak ingin dijualnya, sejauh ini belum ada penjelasan dari Omaha.

Buffett berusia 94 tahun pada hari Jumat. Hingga 30 Juni, tumpukan uang tunai Berkshire mencapai rekor 277 miliar dolar AS.

Topik Menarik