UMKM Pertamina Raup Omzet Rp1,1 Miliar Selama Gelaran MotoGP 2024 di Mandalika

UMKM Pertamina Raup Omzet Rp1,1 Miliar Selama Gelaran MotoGP 2024 di Mandalika

Ekonomi | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 19:02
share

JAKARTA, iNews.id - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bawah naungan PT Pertamina berhasil meraup omzet hingga Rp1,1 miliar selama gelaran MotoGP 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB. Pendapatan itu dibukukan dari 27-29 September 2024.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso omzet penjualan meroket hingga 56 persen dibandingkan omzet tahun lalu. Diketahui, transaksi di tahun lalu hanya sebesar Rp689 juta.

“Selain produknya yang memang diperlukan pengunjung, pada tahun ini area UMKM berada di lokasi yang sama dengan area panggung hiburan. Area Pertamina Energizing You Festival ini menjadi one stop solution untuk mempermudah para pengunjung," kata Fadjar melalui keterangan pers, Selasa (1/10/2024).

klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>

Terkereknya pendapatan UMKM tahun ini didorong oleh kesiapan pelaku usaha. Fadjar menjelaskan, persiapan pameran UMKM dalam ajang balap internasional dilakukan lebih matang, seperti kurasi kebutuhan penonton, dan produk khas NTB.

Fadjar menjelaskan, salah satu keunikan UMKM adalah konsep keberlanjutan lingkungan. Seperti UMKM Good Craft, yang mengelola limbah pelepah kelapa menjadi berbagai produk kerajinan kreatif. 

Salah satunya ada pemilik Good Craft, Gilang Putra yang menjual produk kerajinannya dari pelepah kelapa. Produk ini diakui sering dibeli sebagai souvenir dari berbagai instansi, usaha interior, dan juga pembeli retail.

"Bagi UMKM kerajinan, produk pelepah diminati konsumen menjadi kebanggan tersendiri, karena konsep go green yang kami dapat dari pelatihan Pertamina UMK Academy bisa menjadi salah satu produk  unggulan," ucap dia.

Topik Menarik