OPEC+ bakal Lanjutkan Rencana Tambah Pasokan Minyak Mulai Oktober 2024

OPEC+ bakal Lanjutkan Rencana Tambah Pasokan Minyak Mulai Oktober 2024

Ekonomi | inews | Minggu, 1 September 2024 - 21:30
share

MOSKOW, iNews.id - Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, OPEC+ akan melanjutkan rencana kenaikan produksi minyak mulai Oktober mendatang.

Hal ini dilakukan karena penghentian produksi di Libya dan janji pemangkasan oleh beberapa anggota untuk kompensasi kelebihan produksi mengimbangi dampak dari permintaan yang lesu, menurut enam sumber kepada Reuters .

Delapan anggota OPEC+ dijadwalkan meningkatkan produksi sebesar 180.000 barel per hari pada bulan Oktober, sebagai bagian dari rencana untuk mulai menghentikan pemangkasan produksi terbaru mereka sebesar 2,2 juta barel per hari sambil mempertahankan pemangkasan lainnya hingga akhir 2025.

Mengutip Reuters , perlambatan pertumbuhan permintaan, terutama dari China telah membebani harga minyak dan mendorong beberapa analis untuk meragukan apakah OPEC+ akan melanjutkan peningkatan produksi pada bulan Oktober.

Namun, sumber dari OPEC+ menyampaikan bahwa rencana untuk meningkatkan produksi tetap berlaku karena kehilangan produksi Libya yang memperketat pasar dan harapan tumbuh bahwa Federal Reserve AS akan memangkas suku bunga pada pertengahan September.

"Ada banyak ketidakpastian tentang permintaan, tetapi ada juga harapan bahwa pemangkasan suku bunga The Fed akan mendorong pertumbuhan ekonomi," menurut salah satu sumber.

OPEC sebelumnya telah menggelar pembicaraan bahwa mereka dapat menghentikan sementara atau membalikkan kenaikan produksi jika memutuskan pasar tidak cukup kuat. Dua sumber mengatakan bahwa kenaikan produksi di masa mendatang akan diputuskan berdasarkan bulan ke bulan.

Peningkatan yang direncanakan pada bulan Oktober hanya sebagian kecil dari produksi 700.000 barel per hari minyak mentah Libya dan pemotongan kompensasi yang dijanjikan oleh Irak, Kazakhstan, dan Rusia.

Topik Menarik