Apakah Paus Fransiskus Mendapat Gaji?

Apakah Paus Fransiskus Mendapat Gaji?

Ekonomi | inews | Rabu, 4 September 2024 - 19:43
share

JAKARTA, iNews.id - Apakah Paus Fransiskus mendapat gaji? Banyak orang bertanya-tanya, apakah Paus Fransiskus, sebagai pemimpin Gereja Katolik dunia, menerima gaji? 

Jawabannya adalah tidak. Menurut juru bicara Vatikan, Joaquín Navarro-Valls, 

"Paus tidak dan tidak pernah menerima gaji,” tegas Joaquin.

Apakah Paus Fransiskus Mendapat Gaji?

Meskipun demikian, semua kebutuhan hidup Paus Fransiskus ditanggung sepenuhnya oleh Vatikan, termasuk biaya perjalanan dan tempat tinggal.

Profil Singkat Paus Fransiskus

Paus Fransiskus, yang memiliki nama asli Jorge Mario Bergoglio, lahir pada 17 Desember 1936 di Buenos Aires, Argentina. Sebelum menjadi Paus, ia menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires sejak tahun 1998.

Paus Fransiskus terpilih sebagai Paus Gereja Katolik ke-266 pada 13 Maret 2013, menjadikannya Paus pertama dari Amerika Latin dan imam Yesuit pertama yang memegang posisi tersebut.

Saat ini, Paus Fransiskus sedang melakukan kunjungan ke Indonesia dari tanggal 3 hingga 6 September 2024. Kunjungan ini merupakan bagian dari upayanya untuk mempererat hubungan antaragama dan mempromosikan perdamaian global. 

Paus Fransiskus disambut oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada 4 September 20241. Dengan gaya hidup sederhana dan komitmen terhadap keadilan sosial, Paus Fransiskus terus menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia.

Pertanyaan apakah Paus Fransiskus mendapat gaji di atas sudah cukup jelas bukan jawabannya.

Topik Menarik