Profil Faisal Basri, Ekonom Senior yang Tutup Usia Hari Ini

Profil Faisal Basri, Ekonom Senior yang Tutup Usia Hari Ini

Ekonomi | inews | Kamis, 5 September 2024 - 06:40
share

JAKARTA, iNews.id - Ekonom senior Faisal Basri meninggal dunia pada hari ini, Kamis (5/9/2024). Ia meninggal dunia pada usia 65 tahun.

 Kabar itu dikonfirmasi Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto.

“Iya benar Mba,” kata Eko kepada iNews.id.

Profil Faisal Basri

Faisal Basri merupakan ekonom senior ternama di Tanah Air. Ia meraih gelar S1 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia di tahun 1985. Kemudian, ia juga mengambil gelar S2 di bidang ekonomi di Vanderbilt University, Amerika Serikat pada 1988.

Tak cuma sebagai seorang ekonom, melansir laman resmi UI, ia juga dipercaya sebagai pengajar di salah satu kampus terbaik di Indonesia tersebut. Faisal Basri mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis,untuk mata kuliah Ekonomi Politik, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pembangunan, dan Sejarah Pemikiran Ekonomi sejak tahun 1981.

Tak cuma itu ia juga pengajar di Program Magister Akuntansi (Maksi), Program Magister Manajemen (MM), Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan (MPKP), dan Program Pascasarjana Universitas Indonesia. 

Selama hidupnya, ia dikenal dengan aktif menyuarakan kritikan terhadap kebijakan pemerintah, mulai dari utang negara hingga hilirisasi. Selamat jalan Faisal Basri..

Topik Menarik