Begini Sosok Sri Mulyani di Mata Wamenkeu Thomas Djiwandono

Begini Sosok Sri Mulyani di Mata Wamenkeu Thomas Djiwandono

Ekonomi | inews | Kamis, 26 September 2024 - 06:46
share

BANTEN, iNews.id - Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono mengungkapkan sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selama dirinya menjabat di Kemenkeu. Seperti apa?

Sebelum masuk ke lingkungan Kemenkeu, ia mengaku Sri Mulyani amat terbuka untuk menyiapkan proses APBN 2025 agar bisa menampung program-program unggulan Prabowo.

"Dari segi kepemimpinan menunjukkan keterbukaan yang luar biasa. Waktu saya masuk ke Kementerian Keuangan kaya sudah kenal, bukan hanya kepada Ibu tapi juga wamen Sua dan jajaran eselon 1 itu karena kepemimpinan beliau," ucap Thomas dalam media gathering di Anyer, Rabu (25/9/2024).

Keponakan Presiden terpilih Prabowo Subianto ini
menilai Sri Mulyani berhasil mengkonsolidasikan lembaganya untuk mendukung proses transisi pemerintah. Karena itu, pembahasan APBN di masa transisi ini berbeda dibandingkan lainnya.

Sri Mulyani di matanya sosok yang luar biasa. Klik halaman selanjutnya untuk membaca>>>>

"Beliau selalu meminta Kemenkeu bekerja solid tetapi juga melihat proses transisi ini menjadi suatu upaya ketatanegaraan dan proses demokrasi yang baik tadi," tutur dia.

Menurutnya, untuk menjelaskan pandangannya tentang sosok Sri Mulyani membutuhkan waktu yang panjang. Namun, intinya Thomas menilai Sri Mulyani merupakan sosok pemimpin yang luar biasa.

"Beliau pemimpin luar biasa dari sisi manajerialnya, dan dari kepemimpinan dan pemahaman strategis bahwa Kemenkeu bisa bekerja sama supaya transisi pemerintahan satu dan lainnya berjalan lancar karena simpulnya di Kemenkeu," kata Thomas.

Perlu diketahui, Thomas Djiwandono masuk menjadi anggota tim gugus tugas sinkronisasi Prabowo-Gibran di bidang keuangan. Lalu, pada 18 Juli 2024, Presiden Joko Widodo melantik Thomas sebagai Wamenkeu II.

Pelantikan ini disinyalir sebagai upaya memuluskan proses transisi dari pemerintahan Presiden Jokowi ke Prabowo. Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sejumlah kesempatan menyebut Thomas adalah calon pemimpin di Kemenkeu yang bermula saat menjadi pimpinan Tim Sinkronisasi.

Topik Menarik