Wamenkeu Thomas Ungkap Tantangan Utama Pemerintahan Prabowo, Apa Itu?

Wamenkeu Thomas Ungkap Tantangan Utama Pemerintahan Prabowo, Apa Itu?

Ekonomi | inews | Kamis, 26 September 2024 - 08:50
share

BANTEN, iNews.id - Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono mengungkap tantangan atau PR yang harus diselesaikan di masa pemerintahan Prabowo-Gibran. Menurutnya, saat ini ada banyak masyarakat kelas menengah yang turun akibat pandemi Covid-19.

Thomas menjelaskan anjloknya kelompok kelas menengah tersebut adalah tantangan bagi pemerintahan Prabowo Subianto menuju Indonesia Maju.

"Saya rasa ini memang menjadi PR pemerintahan Pak Prabowo yang utama. Bagaimana supaya kita mencari solusi jangka panjang ya untuk kembali ke level pra-pandemi," ucap dia dalam media gathering di Anyer, Rabu (25/9/2024).

Keponakan Prabowo ini menegaskan bahwa pandemi Covid-19, terutama yang terjadi di periode 2020-2022 telah membuat aktivitas ekonomi menurun, dan dampaknya menimbulkan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Sehingga, katanya, dampak pandemi merupakan faktor eksternal yang merupakan buntut dari kondisi pandemi, dan itu terlepas dari kebijakan pemerintah.

Jadi jangan dianggap (karena) ada kebijakan tertentu tiba-tiba kelas menengah turun terus. Saya garisbawahi bahwa tantangan-tantangan yang dihadapi oleh kelas menengah ini bukan karena kebijakan yang kurang," ujar Thomas.

Di samping itu, Thomas juga menyampaikan pandangannya mengenai spending atau pengeluaran dari kelompok kalangan menengah. Dia mengkritisi pengeluaran yang besar pada sektor makanan.

Sekarang spendingnya lebih banyak di-shift ke makanan, ini menunjukkan bahwa spending yang tadinya baju, jalan-jalan, sekarang berubah. Ini memang menjadi suatu hal yang dicermati betul, kata dia.

Untuk itu, Thomas memastikan Kementerian Keuangan memiliki konsentrasi pada permasalahan anjloknya kelompok kelas menengah, terutama digodok di Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

Topik Menarik