Pedagang Ketiban Rezeki di HUT ke-79 TNI, Makanan hingga Mainan Ludes Terjual

Pedagang Ketiban Rezeki di HUT ke-79 TNI, Makanan hingga Mainan Ludes Terjual

Ekonomi | inews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 20:32
share

JAKARTA, iNews.id - Gelaran perayaan HUT TNI ke-79 masih berlangsung hingga Sabtu sore menjelang malam ini (5/10/2024). Terpantau ribuan warga berbondong-bondong datangi silang Monas untuk melihat konser musik yang diadakan selepas upacara resmi TNI tersebut. 

Banyaknya warga menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang makanan dan minuman di sekitaran tugu Monas. Salah satunya pedagang Dimsum, Kautsar (34) mengaku bersyukur penjualannya sudah laku hingga restock kembali dua boks.

Ia mengaku berdagang sejak pukul 10.00 WIB, meski sempat terhalang kemacetan lalu lintas, hingga sore hari sudah mencapai 4 boks. 

"Saya jual per boks itu harganya Rp320.000, isinya 100 buah dimsum. Omset saya untuk hari ini saja, meski telat bukanya, sudah dapat Rp1,4 Juta lah kira-kira," ucap Kautsar saat berbincang dengan iNews.id, Sabtu (5/10/2024). 

Kautsar mengatakan jika berjualan pada hari biasa di Monas, dimsumnya hanya laku enam boks sehari penuh atau sejak pagi hingga malam hari. 

"Alhamdulillah untuk hari ini jualannya. Ini saya kejar mumpung laku kalau perlu sampai subuh besok. Orang Madura kan dilarang sakit," kata Kautsar sembari berkelakar.

Ada juga pedagang bakso tusuk, Aris (28). Ia mengaku sudah berjualan sejak pukul 09.00 WIB pagi. Aris mengatakan dirinya pun tidak bisa menghitung berapa jumlah bakso yang sudah dijual. 

"Laku banget hari ini, saya kurang tahu sudah berapa bakso yang dibeli. Pokoknya kalau habis, ada bos saya yang antar bakso lagi," ucapnya. 

Ketika ditanya perihal omsetnya, Aris tak mampu lagi menjelaskan. Pasalnya, silih berganti para pembeli terus berdatangan membeli baksonya. Tampak terlihat setiap pembeli yang datang, mereka membeli bakso per bungkus antara Rp15.000 sampai Rp30.000. 

Lebih lanjut, pedagang bendera dan mainan anak, Danu (49) mengatakan dirinya sudah membuka barang dagangannya sedari pukul 08.00 WIB. Ia mengaku datang terlambat pada perayaan HUT TNI ke-79, karena setiap tahunnya dalam ulang tahun para prajurit kebanggaan Indonesia tersebut, dirinya selalu hadir sejak pukul 06.00 WIB. 

"Alhamdulillah sampai sore hari ini, dagangan sudah laku kira-kira Rp500.000 lah. Kalau hari biasa, tidak menentu, kadang seharian cuma Rp300.000 bahkan tidak laku sama sekali," ujar Danu. 

Danu yang merupakan warga Kayu Tinggi, Cakung, Jakarta Timur tersebut, juga berjualan di sekitaran komplek Halim Perdanakusuma. Ia mengaku hanya berdagang secara berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun khusus untuk HUT TNI, setiap tahunnya Danu selalu hadir ke lokasi untuk berjualan. 

"Yaa kalau berjualan ini mainan seperti pedang-pedangan bisa Rp20.000.  Kalau bendera seperti Indonesia atau Palestina ini harganya Rp10.000, sedangkan bendera yang bisa menyala itu Rp20.000," tutur Danu. 

Sebagai informasi, Puncak rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) digelar pada Sabtu (5/10/2024) di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. Acara akbar itu dibuka dengan rangkaian penampilan drumband dari Taruna Academy TNI. 

Adapun marching band academy TNI merupakan gabungan drumband akademi tiap-tiap matra. Mereka menampilkan permainan alat musik yang ciamik..

Topik Menarik