Genap Setahun Beroperasi, Jumlah Penumpang Whoosh Tembus 6 Juta Orang

Genap Setahun Beroperasi, Jumlah Penumpang Whoosh Tembus 6 Juta Orang

Ekonomi | inews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 14:01
share

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api China-Indonesia (KCIC) mencatat jumlah penumpang kereta cepat Whoosh menyentuh angka 6 juta. Angka ini tercatat setelah satu tahun beroperasi pada Oktober 2023 lalu.

Menurut Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa capaian ini menjadi bukti bahwa masyarakat percaya terhadap layanan transportasi kereta cepat dengan teknologi modern yang dihadirkan Whoosh.

"Volume penumpang Whoosh telah mencapai 6 juta orang, angka ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan transportasi kereta cepat dengan teknologi modern yang dihadirkan Whoosh, sekaligus menunjukkan komitmen KCIC dalam memberikan pelayanan terbaik serta memperluas dampak positif terhadap perekonomian nasional dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya dikutip iNews.id, Rabu (23/10/2024).

Lebih lanjut, Eva menjelaskan pihaknya terus berupaya meningkatkan volume dan menjadikan Whoosh sebagai transportasi pilihan. Hal itu dilakukan dengan menghadirkan sejumlah invoasi.

Adapun, inovasi yang dihadirkan antara lain, peningkatan aksesibilitas dan integrasi antamoda untuk mempermudah mobilitas masyarakat menuju stasiun Whoosh.

Eva menyampaikan, saat ini Stasiun Halim yang sebelumnya sudah terintegrasi dengan LRT Jabodebek kini sudah dilengkapi berbagai moda lainnya seperti Bus Transjakarta, Shuttle tujuan bandara Halim dan Soekarno Hatta serta area khusus layanan Taksi serta kendaraan online. 

Bagi pengguna kendaraan pribadi dapat menggunakan exit tol Jakarta-Cikampek KM 1+842 dan melalui jalan DI Pandjaitan. Selain itu, di Stasiun Padalang, Whoosh telah terintegrasi dengan Stasiun KAI untuk KA Feeder Kereta Cepat dan Commuter Line Bandung Raya. 

Saat ini telah tersedia juga Bus Trans Metro Pasundan menuju Alun-Alun Bandung, serta Shuttle gratis menuju kawasan Kota Baru Parahyangan. Pengguna kendaraan pribadi dapat menggunakan exit tol Padaleunyi KM 121 yang terhubung dengan Jalan Panaris

"Sementara untuk Stasiun Tegalluar Summarecon saat ini masyarakat dapat menggunakan Bus Damri menuju kota Bandung dan Shuttle gratis menuju kawasan Summarecon Bandung. Pengguna kendaraan pribadi dapat menggunakan akses Jembatan Cibiru Hilir yang terhubung dengan kawasan Gedebage dan Summarecon Bandung," tutur Eva.

Topik Menarik