Penting Menjaga Kesehatan Mental, Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi Harus Seimbang!

Penting Menjaga Kesehatan Mental, Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi Harus Seimbang!

Gaya Hidup | inews | Selasa, 3 September 2024 - 16:01
share

JAKARTA, iNews.id - Menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja sangat penting. Sebab, dengan adanya beban kerja yang terlalu banyak tentu dapat memengaruhi seseorang.

Tidak hanya fisik, mental juga dapat terpengaruh karena perasaan stres yang muncul akibat beban kerja yang dianggap terlalu berat. Maka itu, diperlukan bagi Anda untuk selalu menjadi kesehatan mental, yaitu dengan menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pekerja untuk menjaga keseimbangan tersebut. Berikut ulasannya dikutip melalui laman Kemenkes, Senin (2/8/2024).

1. Jaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

Pegawai yang ingin menjaga kesehatan mental untuk tetap prima saat bekerja harus memastikan keseimbangan antara pekerjaan di kantor dengan kehidupan pribadi. Pastikan untuk tidak membawa pulang pekerjaan ke rumah. Tanpa adanya keseimbangan, produktivitas seseorang cenderung menurun dan kerap merasa kelelahan dalam bekerja. Menghabiskan waktu dengan keluarga, berolahraga, melakukan hobi, dan mengerjakan hal yang disukai dapat membantu mengurangi stres yang timbul akibat lingkungan kerja.

2. Kelola stres

Stres yang berlebihan dapat dikurangi apabila stres dapat dikelola dengan baik. Berolahraga rutin, makan makanan yang sehat dan disukai, serta bersantai merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan agar stres tidak menimbulkan masalah lain yang lebih serius.

3. Fokus terhadap hal positif

Penyakit mental termasuk masalah yang dapat menimbulkan masalah serius. Namun, dampak buruk yang timbul dapat dicegah dan diredam. Cobalah untuk fokus terhadap hal positif dan pastikan orang-orang yang ada di sekitar benar-benar mendukung segala hal yang Anda lakukan, serta memberi saran dibutuhkan.

4. Diskusikan kesehatan mental di tempat kerja

Cobalah untuk tidak takut mengungkapkan masalah yang berhubungan dengan stres, depresi, kecemasan, dan penyakit mental lainnya di lingkungan pekerjaan. Setiap orang harus memahami mungkin saja mengalami perasaan stres yang berlebihan sehingga berakibat buruk bagi kesehatan mental.Sementara itu, Andreas Gutknecht, Presiden Direktur PT Takeda Innovative Medicines mengatakan, dia sangat menekankan pentingnya menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. "Bagi banyak karyawan di Takeda, pekerjaan mereka lebih dari sekadar tugas harian, kami memberikan harapan akan kesehatan yang lebih baik kepada pasien melalui penyediaan obat-obatan dan vaksin yang inovatif," kata Andreas.

Lebih lanjut Andreas menjelaskan, dia menganggap karyawannya adalah pahlawan untuk keluarga mereka masing-masing. Itulah sebabnya, dalam mendukung karyawan memiliki keseimbangan waktu yang baik, dia memberikan sistem pengaturan bekerja yang fleksibel. "Para karyawan diberikan akuntabilitas untuk mengatur waktu bekerja yang sesuai sambil tetap berfokus pada tujuan yang telah ditetapkan,” tutur Andreas.

Dia menambahkan, Takeda diakui sebagai perusahaan dengan sertifikasi Great Place to Work dari otoritas global dalam budaya tempat kerja. Sertifikasi ini menegaskan komitmen kuat dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif dan inklusif, yang memberdayakan setiap karyawan untuk tumbuh, baik secara pribadi maupun profesional. “Kami percaya terhadap karyawan kami beserta potensi mereka. Sertifikasi ini merupakan bukti dari lingkungan yang inklusif, di mana karyawan merasa dihormati, dihargai, dan diberdayakan, yang kami upayakan untuk dapat diciptakan setiap harinya," kata dia.

Topik Menarik